Dhika 17 bulan

Perkembangan Dhika di usia 17 bulan :

  • Udah mulai makin mengerti perkataan gue. Misalnya kalo gue bilang “Dhika, yuk mandi“, dia lgs ambil handuk trus gandeng tangan gue ke arah kamar mandi. Kalo udah puas main air, dia lgs narik2 handuk yg gue cantolin di gantungan. Pertanda minta dilap dan dibungkus pake handuk.
  • Udah mulai toilet training. Kalo mo pipis atau BAB, dia lgs pegang2 perut,tunjuk2 wc trus gandeng tangan kita ajak ke wc. Sampe di dalam wc, ambil bantalan toilet duduknya minta pasangin di toilet. Beberapa hari ini juga pas tidur malam, gue ga pakein pampers. Begitu bangun tidur pagi harinya, lgs gue bawa ke wc utk pipis.
  • Makin jago jogetnya. Apalagi kalo denger musik dangdut atau ajeb2. Turunan papanya nih.Mertua gue seneng bgt liat Dhika joget. Katanya jogetnya kayak orang gede, ga cuma badan yg joget, tangan dan kepalanya juga goyang2.
  • Kalo mo minum, tunjuk2 dispenser. Udah jago minum dr gelas, ga pake keselek lagi. Minum dr botol aqua jg udah lancar. Minum susu UHT dari kotak susunya pake sedotan juga udah lancar.
  • Kalo liat kita bawa makanan, lgs dideketin terus bilang “nyam nyam“. yang artinya dia minta. hehe =p
  • Udah mulai bisa minta jajan ke warung. (kyknya ketularan ponakan gue nih…gawatz). Kalo ditanya “Dhika,mo jajan?duitnya mana?minta dulu sama papa“. Dia lgs cari papanya terus kepalan tangannya dibuka tutup tandanya minta duit.

Hmm apalagi ya?
Dhika masih belum bisa lancar ngomong nih. Kalah deh sama dede Wilbert.
Waktu kondangan temen kantor hari Minggu lalu ketemu sm anak temen kantor yang usianya lebih muda sebulan dari Dhika. Anaknya cewek. Udah lancar ngomong ‘abis’,’mami’,’papi’,dhika’.
Duh sedangkan Dhika masih belum bisa. hiks😦

Tapi gue sih berbesar hati. Namanya tiap anak kan unik. Yang penting Dhika selalu sehat. Soal perkembangan motorik mah yang penting sesuai usia dia saja.🙂

10 thoughts on “Dhika 17 bulan

  1. - manda ayah buat toriq - says:

    perasaan tadi dah ketik2 koment, kalo ada 2 maapin ya bu…..

    tenang aja mam, katanya kalo anak laki perkembangan motoriknya lebih duluan daripada kosakatanya…..hehehheh

  2. Vera says:

    iya tuh perkembangan tiap anak itu beda2 yah..tp hebat tuh dhika da bs minta pipis. wilbert boro2 hehe..skrg malah tambah nakal suka mukul2 muka gw ma daddynya *sigh* truss ngelempar barang jg😦 dhika kayake anteng yah lim?

  3. Limmy HL says:

    @sofie:emang sih gue jg dibilangin gitu. kalo anak cewek tuh biasanya lebih cepet perkembangan motoriknya dibanding anak cowok. tapi tetep aza liat anak lain udah bisa ngoceh2 sedangkan dhika masih aa uu. hiks😦

    @vera:siapa bilang dhika anteng ver?dia jg demen lempar barang dan mukulin orang.nih badan gue byk bekas gigitan dia.pernah jg mata gue biru dilempar hp sm dia. KDRT nih. hehe =p

  4. Pitshu says:

    waduh… udah mulai ngerti jajan…

    asal klo di bawa ke mall jangan auban (keras kepala), nanti mau mintak beli ini itu klo enggak dikasih nangis2 lagi ^^

    anak kecil klo lagi berkembang gitu ngeliatin enak, walaupun kadang mikirnya, dih lama banget yah!! kapan anak g bisa di lepas wakakakak…

  5. Limmy HL says:

    @pitshu:iya nih gawat udah ngerti jajan. ketularan ponakan gue yg sering jajan tuh. kan tiap hari gue titipin dhika di rumah mertua.

    hahaha waktu anak kecil kita mikir kapan bisa dilepas. ntar waktu anak udah gede dan ga mau bareng2 kita lagi, malah kita yg sedih. serba salah.

  6. Yulian says:

    Iya Lim…anak cowo emang setau gw, lebih lambat ngomong-nya. Beberapa anak temen gw gitu. don’t worry. sering2 aja terus diajakin ngmong.

    Trus yang ngasuh juga katanya sih pengaruh, kalo yang ngasuh bawel…anaknya bisa ikut2an bawel, jd cpt ngmg. Ga tau bener / cm kebetulan, sus yg dulu ngasuh jeslyn dari baby kan bawel…jadi anak gw juga umur setaon dah bs ngmg yg simple2 kayak NO, MAI, AI, ATIT hehe.

  7. Mei Mei says:

    anak ipar gue yg cowo ngomongnya juga telat. katanya kalo bisa jalan duluan, ngomong ne telad. dan sebaliknya gitu. ga tau deh bener apa ga. tp sekarank anak ipar ne gue bawelnya 1/2 mati hahaha😀
    sabar ajah..ntar juga bisa sendiri X)

  8. Limmy HL says:

    @yulian:masalahnya gue bukan tipe mama yg bawel. mba yang bantu jagain dhika jg ga bawel. mgkn karna itu dhika jd rada telat ngomong kali ye.

    @mei:hahaha kalo udah bawel ngomong malah kita yg sibuk suruh anak diem kali ya. pdhl waktu dia blm bisa ngomong, kita yg was2. jadi geli sendiri bayangin dhika bawel. hahaha.

    @all:iya nih sabar aza. tanyain ke teman kantor sih katanya rata2 usia 2 taon baru lancar ngomong.

  9. sakuralady says:

    oh 2 tahun baru lancar ngomong ya? adekku dulu kata mama sampe 5 tahun baru ngomong lancar.. tapi jadinya bawelnya minta ampun.. pinter ngomong lagi, ngambil hati orang.. hahaha..
    Yg penting Dhika tumbuh sehat ya Lim..😉

  10. Limmy HL says:

    @wily:hah masa sih umur 5 taon baru lancar ngomong?kalo jaman skrg 2 taon belum lancar ngomong aza udah ribut2 autis. tapi yg penting mah anak tumbuh sehat spt kata elu.🙂

Leave a Reply

