Dhika ‘kumat’ lagi

Duh mata ngantuk….kepala puyeng….idung mampet.

Gara2 semalam nih Dhika ‘kumat’ lagi. Jam 12 tengah malam bangun ajakin main bola. Busyet dah..dikira emaknya robot apa. Seharian kerja di kantor trus tengah malam masih diajakin main bola. Atau mungkin dia cari pengganti waktu utk main sama gue ya? Secara dia udah gue tinggalin seharian. Pas pulang kerja dia cm sempat nen2 bentar trus tepar bobo. Gue sih senang temenin dia main. Apalagi liat tingkah lucunya, ketawa riangnya, senyum jailnya, celoteh bayinya. Tapi kalo pas jam2nya orang bobo kan gue ga kuat juga.

Update lain ttg Dhika apa ya? Belakangan ini musim ujan, potty trainingnya Dhika gagal nih. Setelah bbrp malam sukses bobo ga usah pake pampers, sekarang harus dipakein lagi. Mungkin karna musim ujan yang cuacanya dingin, Dhika jadi sering pipis. Weekend kemaren dia sukses bikin cetakan pulau di kasur. hiks😦 bau pesing dah.

Trus sekarang kalo pipis, ga pake bilang2 lgs ngocor aza. Tanda2 dia pipis tuh, dia diem di tempat, ga berani gerak. Atau dia tereak2 manggilin kita. Potty trainingnya gagal maning…gagal maning….* sigh😦 *

Gue rada pusing sama perkembangan Dhika nih. Dia masih belum lancar ngomong walaupun udah ngerti kalo kita ajak ngomong. Tanya temen kantor kiri kanan sih katanya rata2 umur 2 taon baru lancar ngomong. So it’s okaylah.
Tapi ada anaknya temen kantor yg seumuran Dhika udah dimasukin ke playgroup bo. Baru 1,5 tahun lho. Is it really necessary? Trus ada temen kantor yg cerita kalo ponakannya baru umur setaon aza udah bisa apalin angka 1-10. Dan umur 2 taon udah apal abjad A-Z. Whaatt???
Trus ada yang kalo ajak omong anaknya selalu pake bahasa Inggris. Pengenalan bendapun pake bahasa inggris. Sebenarnya bagus mana ya? Pengenalan bahasa Indonesia dulu atau bahasa Inggris? Atau bahasa Tiochiu? hehe =p

Gue jadi merasa telat ajarin Dhika. Gue pernah baca di majalah Ayahbunda, sebenarnya pengenalan bahasa kedua (setelah bahasa ibu/bahasa Indonesia) itu sebaiknya setelah umur 5 tahun. Makanya gue tenang2 aza masih belum coba ajarin bahasa Inggris ke Dhika. Tapi melihat sekeliling kok, gue takut ntar Dhika ketinggalan dr anak2 lain ya?

Moms lain bisa sumbang pendapat ga?Atau temen2 blogger yang belum punya anak bisa sumbang pendapat ga? Bingung nih ikke.

7 thoughts on “Dhika ‘kumat’ lagi

  1. Yulian says:

    gw share ya🙂
    Jeslyn gw masukin playground persis umur dia 1,5thn. Alasan pertama, gw kasian dia di rumah temennya sehari2 cm sus aja. jadi ga ada salahnya gw masukin di playground biar dia bisa maen2 & bergaul.

    Alasan kedua, karena gw liat dia dah lancar ngomong, sedangkan sehari2 gw byk di kantor, kalo gw taro di playground, seengga-nya dia dgr bhs inggris & mandarin. ga melulu bhs indo.

    Soal pengenalan bahasa, dari baby gw selalu ngomong tiociu sama Jeslyn. ga peduli dia ngerti atau engga. gw campur ama inggris juga.
    kalo sama papinya juga gitu. campur inggris, indo dan tiociu sedikit krn laki gw bkn org tiociu, jadi cuma bisa dikit2.

    Jadi, gw ga setuju kalo pengenalan bahasa ke2, ke3 dst itu setelah 5 thn. Telat banget kalo 5 thn menurut gw hehe. Padahal di umur 1-3 taon, perkembangan bahasanya cpt bgt. kayak kpn hari, gw kaget, kok dia bs ngmg “jeslyn ai khe khun tien”
    pdhl gw ga pernah ajarin dia khuntien. dia taunya selalu pontianak.

    Bhs indo menurut gw, ga perlu diajarin karena dia pasti otomatis bisa. Tinggal di indo + diasuh ama mbak kan?

    Yang perlu diajarin menurut gw tuh tiociu-nya🙂

    Jeslyn dah bisa bedain, kalo ngmg ama gw, papinya dan keluarga gw, dia pake bhs tiociu mixed dgn inggris.

    kalo ama yg lain2, dia otomatis pake bhs indo campur inggris.
    kalo ama miss-nya di skul, dia pake inggris, kalo ama laoshi, dia masih campur mandarin+indo.

    Kalo elo dgr gw ngmg sm anak gw, campur aduk sabun deh haha

    Gw msh bingung gmn masukin mandarin dlm percakapan sehari2, karena skrg uda tiociu+inggris. Jadi gw-nya yang mabok haha.

    Jadi panjang ya hehe

  2. Limmy HL says:

    @yulian:waduh thanks bgt utk sharenya ya yul. emang gue harus belajar byk dr yg udah berpengalaman.🙂

    selama ini sih gue ngomong campur aduk indo dan tiochiu sm dhika.blm pernah gue ajakin ngomong inggris.mgkn udah saatnya ya.🙂
    kalo di rumah sih temen mainnya dhika byk. anak2 tetangga situ.

    masalahnya di deket rumah gue ga ada playgroup yg ok. hiks nasib tinggal di kampung😦

    jeslyn mah cerdas bgt keliatannya ya.moga2 dhika bisa cerdas kayak jeslyn deh. amien.

  3. .:acen147:. says:

    haduh. ternyata masalah anak ngomong bisa seribet ini?

    klo gw sih nanti pake bahasa indo + inggris deh. klo sama bokapnya, palingan diajarin bhs jawa. hehehe.

  4. L3L1 says:

    gue rencananya abis imlek mau sekolahin si kenneth, kemaren2 dulu juga udah mau siy, tapi mertua gue belum pindah. Planning gue siy senin kemaren, tapi berhubung rumah ipar gue di bojong kebanjiran ampe sepaha, akhirnya sibuk ngurusin itu dulu deh. Kasian deh innovanya kerendam, orangnya lagi di beijing.

    lu jangan pusing anak telat ngomong atau telat perkembangannya. Ntar 3 taon dia bakal ngejar semua ketinggalannya.Kalo kenneth siy banyakan inggris dan indo, mau ngomong tio ciu guenya sering kebawa karena lingkungan ngomong indo mulu.ntar kalo dah lancar baru dikenalin tio ciu. anak cici gue nggak ada yg diajarin ngomong tio ciu, tapi karena di rumah semua pake bahasa tio ciu (koko ipar gue juga orang tio ciu, bonyok gue yg tinggal di sana juga tio ciu) otomatis anak2 sering denger percakapana dalam tio ciu jadi ngerti sendiri, padahal kalo lagi ngomong ama mereka selalu dipake indo dan inggris. anak balita emang paling cepet nyerep bahasa kok. tapi tergantung masing2 anak, ada yg cerdas bahasa.. yaaa jadi cepet nyerep.

    Nggak usah pusing lim hehehe

  5. Limmy HL says:

    @susy:hehe buat orang lain mgkn masalah sepele ya sus. tp buat yg punya anak rasanya masalah penting. hehehe ntar kebayang dhika ngobrol sm anak lu sus. dhika ngomong tiochiu, anak lu ngomong jawa. kagak nyambung. hahaha

    @leli:thx lel.otak anak kan masih belum byk terpake ya.jd kayak busa spons,bisa menyerap byk info dan pengetahuan.

  6. Pitshu says:

    duh pitshu lom punya anak sih! keponakanya Ovan udah 1 tahun lebih, klo kita ngomong apa dia ngerti, tapi dia ga mo ngomong.

    Klo di liat sih kebiasaan, kita yg ngertiin dia, pengennya sih lain kali ga udah di turut2in atau pura2 ga ngerti maunya dia, sampe itu anak bersuara hahahaha🙂

  7. Arman says:

    gua komen tentang pengenalan bahasa aja ya. kalo gua bilang ya balik2 lagi liat2 anaknya gimana ya.

    ada anak yang emang daya serap bahasanya sangat bagus ya dia kalo diajak ngomong bilingual atau trilingual ya bisa2 aja dan cepet nyerepnya.

    tapi ada juga anak yang daya serapnya gak terlalu bagus ya malah jadi lama ngomognnya kalo diajak ngomong banyak bahasa. walaupun dia ngerti tapi jadinya gak bisa2 ngomong.

    contohnya andrew. kita dulu juga ajak ngomong 3 bahasa.
    tapi ternyata andrew daya serap bahasanya keliatannya kurang cepet ya. akhirnya dia telat tuh gak ngomong2. padahal dia ngerti banget kalo diajak ngomong indo, inggris dan beberapa kata mandarin.

    trus akhirnya kita banting setir, ngajak ngomong bahasa indonesia tok tok tok. dan gak lama setelah itu.. dia mulai ngomong.😀

    jadi ya coba liat aja dhika nya gimana lim… namanya anak emang tiap anak beda2 kok..🙂

Leave a Reply

