Dhika sakit batpil

Lama ga update blog nih. Seminggu kemaren bener2 ga sempat. Gara2nya sibuk urusin Dhika yg lagi sakit.

Dimulai dari malam Jumat tgl 8 Feb 2008, tiba2 tuh Dhika demam. Gue mikirnya mgkn gara2 tadi siang dia main di luar rumah. Kebetulan angin di Cilincing tuh rada kencang belakangan ini. Besoknya seharian Dhika demam naik turun. Kalo dikasih tempra, demamnya turun. Ntar selang berapa jam, demamnya naik lagi. Karena udah 2 hari ga ilang2 demamnya dan malah ditambah batuk, akhirnya hari Minggu tgl 10 Feb 2008, gue bawa ke dokter di RS Mitra Keluarga KG. Bagusnya tuh skrg di RS tsb, kalo hari Minggu pun ada dokter spesialis yang praktek. Kan biasanya dokter spesialis gitu cm praktek di hari Senin-Sabtu.

Pas sampe di RS tsb, walah di ruang tunggunya udah byk bgt antri pasien anak2. Pada sakit batpil semua kayak Dhika. Tapi bedanya anak2 itu pada lemes digendong/dipeluk/bobo di pangkuan mama masing2. Bahkan ada yang batuk sampe muntah2 lho. Kasian bgt. Kalo anak2 lain pada lemes, si Dhika malah ga bisa diem. Sibuk jalan dan lari ke sana ke mari. Sampe2 dikomentarin sama ibu2 yang lagi gendong anaknya kalo Dhika ga keliatan kayak lagi sakit. Huh emang tuh kalo pagi-siang hari gitu Dhika aktif ga bisa diem, ga keliatan sakitnya. Tapi kalo udah malam dan waktunya bobo, mulai deh rewel. Semalaman bisa bangun berapa lagi karna batuk.

Waktu nebus resep dokter, sengaja gue ga mo ambil antibiotiknya karena pertimbangan tertentu. Dari hasil baca2 di milis asiforbaby, batpil itu kan disebabkan oleh virus. Dan ga perlu antibiotik. Yang perlu antibiotik itu penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Jadi gue cm nebus obat batuk dan vitamin karena selama sakit kan Dhika ga nafsu makan, jadi dikasih vitamin utk penambah nafsu makan dan daya tahan tubuh sm dokter.

Eh ga taunya sampe hari Rabu, Dhika masih belum baek juga. Masih demam naik turun dan batuknya makin parah. Malam2 jam 9 tuh, papa Dhika pegang kepala Dhika yang panas (Dhika demamnya cm di kepala doang lho). Trus papa Dhika ngotot mo bawa Dhika ke dokter malam itu juga. Eh ujan gede bgt bo. Batal deh. Jadinya gue yg bawa Dhika ke dokter lagi besok paginya.

Malam sebelumnya gue ribut sm papa Dhika gara2 gue ga nebus antibiotiknya. Gue insist kalo demam Dhika itu karna dia lagi batuk pilek. Demam karna virus gitu biasanya 5 hari ilang sendiri. Tapi papa Dhika ngotot katanya dokter lebih tau dari gue. Drpd ribut2, akhirnya dia pergi beli antibiotiknya. Trus dikasih minum ke Dhika. Padahal gue paling males kasih minum antibiotik ke Dhika. Karena sekali minum harus dihabiskan. Kasian kan Dhika dicekokin minum obat mulu.

Oiya saking keselnya gara2 ribut sm papa Dhika soal antibiotik itu, gue sempat sms Vera-mamanya Wilbert. Tanyain soal antibiotik dan termometer yang lewat telinga itu. Ternyata maharani ya bo… Btw…thanks ya Ver untuk masukannya.🙂

Jadinya Kamis pagi gue bawa Dhika ke dokter lain lagi. Bukan dokter anak yang hari Minggu itu. Ceritanya mo cari second opinion. Abis semalam waktu gue telpon dokter anak yang hari Minggu itu, dia malah rekomen Dhika cek darah. Duh membayangkan Dhika diambil darahnya, gue ga tega oi. Jadinya mending cari second opinion dr dokter lain dulu. Nah Rabu malam itu semalaman Dhika ga demam lho. Pagi2nya waktu gue bawa ke dokter juga ga demam. Jadinya dokter cm kasih obat flu doang. Tuh kan bener kata gue. Lewat 5 hari demamnya ilang sendiri.
Betenya udah terlanjur kasih antibiotik ke Dhika. Hu uh😦

Entah karena obat dari dokter yang pertama emang kurang cocok atau gmn, setelah minum obat flu dari dokter yang kedua, Dhika mendingan tuh. Demamnya ilang. Tinggal batpik dikit. Sekarang udah aktif lagi, udah bandel lagi, udah nakal lagi, udah ga bisa diem lagi. Kalo malam juga tidurnya nyenyak semalaman.

Oiya seminggu kemaren gue cm ngantor total 2,5 hari bo. Hari Senin cuti karena Dhika sakit. Hari Selasa masuk. Hari Rabu cuti lagi karna mertua gue jg lagi sakit, ga bisa bantu jagain Dhika. Hari Kamis masuk siang karna harus anterin Dhika ke dokter dulu. Hari Jumag masuk. Duh untung manager gue ngertiin ya. Kalo ga, bisa2 dikasih SP gue. hiks😦

15 thoughts on “Dhika sakit batpil

  1. Pitshu says:

    antibiotik juga bisa bikin gigi kuning, kek g ^^. Tapi mungkin Dhika sembuh karena semept di kasih antibiotik ?

    cuacanya lagi ga jelas, banyak yang sakit🙂

  2. Limmy HL says:

    @pitshu:hah masa sih AB bisa bikin gigi kuning?
    emang nih pit.cuacanya ga enak bgt. skrg giliran gue yg sakit tenggorokan dan pilek. kalo ga rajin2 minum vit c utk daya tahan tubuh, gue rasa gue bakal tepar nih. hiks😦

  3. Yulian says:

    Memang lagi musim batpil + panas yah😦
    Kemaren temen laki gw, anaknya sampe di opname 3 hari di RS Mitra KG, gara2 dari batuk..jadi pengaruh ke paru2 nya gitu deh.

    Moga2 Dhika cepet sembuh ya, biar mami-nya bisa masuk kerja terus, ga sampe dpt SP😛
    Serba salah ya kalo anak lg sakit, kitanya kerja. Kalo panas paling nakutin.

  4. Limmy HL says:

    @yulian:thx yul.skrg dhika masih batuk dikit dan idungnya rada meler.
    iya nih. dilema working mom ya gitu.
    anaknya temen lu itu divonis apa sampe harus rawat inap?dokter anaknya siapa yul? kalo elu pake dokter anak siapa yul? ada rekomendasi ga?

    @viol:hah masa sih? jadi beneran toh?baru tau lho.

  5. - manda ayah buat toriq - says:

    kalo anak sakit, kita ga tega ninggalinnya ya Lim…..kayaknya cuaca yg berubah2 gini juga ngefek ke kondisi badan anak2 kita ya Lim??….semoga Dhika cepet baek ya…

  6. Yulian says:

    divonisnya ga jelas persis, cm katanya batuknya jadi efek ke paru2nya, trus ga mo mkn dan minum susu. jd disuru opname. dokter apa gw lupa namanya😦

    gw pake dr. hanifah (lg di amsterdam dia skrg, ambil S2) bulan Mei ini baru balik lagi.
    jeslyn cocok ama dia sih. dan gw seneng ke hanifah ini,soalnya dia ga pernah kasi antibiotik.

    dia ada di rs. mitra kg tiap jumat.
    trus ada lagi di kiddie care centre – di dkt sunter mall situ.

    terakhir ke dia, bln oktober buat imun. ntr nunggu dia pul aja baru gw bawa jeslyn imun lagi. gw parno ama dokter laen.

  7. yulia says:

    iya bener mpok, antibiotik bikin gigi kuning. Kakak gw jg wkt msh kecil sering dpt antibiotik, giginya jg kuning bo.

    Gmn? Dhika dah baekkan? moga gak sakit2 lagi deh ya. Kl baca comment2 yg di atas cuaca emang ngaruh loh. Di Londo jg lg banyak yg sakit, mo pergantian musim soale.

    Jeng gw link ya blogna..thx🙂

  8. Pitshu says:

    gigi g kan kuning, g kira karena g kurang rajin sikat gigi🙂

    pas ke dokter, katanya itu kuning karena antibiotik, yang mungkin efeknya baru keliatan sekarang. secara g klo dulu sakit langsung ke dokter pasti ada AB-nya hahaha

  9. Limmy HL says:

    @yulian:dr hanifah ya?gue pernah sih dikasih tau sm temen kantor.dia ga pernah kasih AB? wua boleh nih jd dsa langganan.🙂

    @yulia:silahkan dilink jeng.gue link balik ya.🙂

    @pitshu:ooo begitu ya?waktu kecil dulu gue jg sering sakit2an.jgn2 sering minum AB jg. ntar kalo ke dokter gigi, mau gue tanyain ah.

  10. l3l1 says:

    halah.. blog lu dah banyak update gini kok di blogring gue kagak nongol sama sekali??? ada yg error niy…

    btw, sebenernya lim kalo anak batuk itu adalah reaksi tubuh untuk ngeluarin benda asing dari tubuh dia. klo demam ya upaya tubuh dia untuk melawan kuman penyakit itu. yg perlu dicari tau tuh apa penyebab dia demam itu.. klo penyebabnya belum diobatin yaa dia bakal demam terus.. kita kasi obat penurun panas itu cuman bikin dia lebih comfort aja lim. klo temen yulian yg sampe ke paru2 gue rasa emang dia batuk karena paru2nya ada kemasukan beda asing, makanya tubuh otomatis bekerja sehingga batuk buat ngeluarin benda asing itu…

    lu coba join ke milis sehat deh…

    sekedar share yaa, bukan buat menggurui lho yaa
    kenneth selama ini kalo batuk pilek dan masih aktif kagak lemes.. gue ngak pernah apa2in… (dan itu juga selalu bikin sumber pertengkaran gue ama jeff hehehe) sekali lu terbiasa pake antibiotik.. biasanya daya tahan tubuhnya jadi nggak semantap kalo lu nggak biasain pake obat. tapi untung lu asi yaa.. jadi daya tahan dhika pasti bagus

    btw, anak2 cici gue semuanya pake dokter hanifah tuh

  11. Limmy HL says:

    @leli:emang blogring itu suka ngaco lel. makanya gue ga pasang lagi di blog gue.

    duh lel.gue jg udah tau ttg demam, batpil. tapi gue dikelilingi mertua dan suami yang “buta”. jadi dhika demam dikit lgs disuruh bawa ke dokter. gue dikatain pelit sayang duit ga sayang anak.

    suami gue marah2 karna gue ga mau kasih AB ke dhika. gue di posisi yang susah. 1 lawan banyak. hiks😦

  12. Anonymous says:

    Limmy, antibiotik itu dimakan untuk MENCEGAH infeksi lanjutan yaitu infeksi dari bakteri yang lebih parah daripada virus.

    Jadi antibiotik itu bukan hanya untuk mengobati infeksi yang sudah terjadi saja.

    Waktu itu lo seharusnya tebus antibiotiknya. Ga ada salahnya kan siap siaga. Toh, kalaupun ga kepake, bs disimpen.

    Jangan anggep remeh demam pada anak. Sodara gue ada yang cacat salah satu telinganya karena demam tinggi selama 3 hari dan tidak dibawa ke dokter🙂

Leave a Reply

