Dhika kejang

Hai semuaaaaaaaa…..sorry ya udah lama ga update. Sampe dikatain udah berdebu blog gue ini sama Jeung Nat. hehe =p

Alasan kenapa gue udah jarang update blog karna di 2 minggu terakhir ini gue byk mengalami kejadian yg bikin ga sempat blogging. Minggu pertama sibuk ngurusin Dhika. Minggu kedua sibuk ngejar kerjaan di kantor yg kelamaan ditinggal cuti karna urusin Dhika di minggu sebelumnya.

Yapp….pas wiken panjang 2 minggu lalu, gue malah di RS. Temenin Dhika yang lagi dirawat inap. Kronologi ceritanya gini : *halah…udah kayak cerita kriminal pake kronologi hihihi*

Hari Selasa malam tgl 4 Maret 2008, gue pulcep ke rumah. Karna paginya gue ikut acara launching Microsoft Serverware di JHCC. Sore itu Dhika gue mandiin karna gue liat udah dekil dan kumal. *hihihi anak sendiri dikatain gitu..maapkan mama ya Dhika*. Malamnya gue raba kepalanya Dhika rada anget.Tapi gue tenang aza karna gue liat dia masih aktif bgt.

Hari Rabu tgl 5 Maret 2008, gue tetap berangkat kerja. Gue pikir Dhika cm anget gitu dikasih tempra juga ntar baekan. Tapi pas lagi meeting siang2 jam 2, gue ditelpon papa Dhika. Dia kabarin Dhika makin panas badannya dan dibawa ke dokter klinik sama mertua gue. Gue lgs buru2 ijin pulang sm bos.

Sampe di rumah mertua jam 4.30 WIB. Dhika lagi diayun di ayunan.Begitu ngeliat gue, lgs minta gendong. Gue liat Dhika udah dipakein baju lengan panjang, celana panjang ditambah jaket tebel Duh anak lagi panas tinggi kok malah dibungkus tebel gitu. Biasalah orang tua dulu kan taunya kalo anak deman dibungkus rapet biar keringatan. Padahal itu malah bikin suhu badannya tambah naik. Jadinya gue lepas jaket yang dipake Dhika dulu.

Trus gue sm papa Dhika bawa Dhika pulang ke rumah. Gue taruh Dhika di ranjang. Dia lgs minta nen2. Jadi gue belum sempat lepasin baju dan celananya. Eh baru nen2 bentar, dia batuk sekali. Trus lgs kejang. Gue kaget bgt. Lgs gue teriakin papanya “Pa, Dhika kejang!”. Papa Dhika panik lgs teriak sambil nangis liat anaknya ga sadar diri kejang gitu. Begitu liat Dhika kejang, gue lgs masukin jempol tangan ke mulutnya biar lidahnya ga kegigit atau spy jalan nafasnya ga tersumbat lidah. Trus gue lgs teriakin papanya utk panggil bidan dekat rumah utk pertolongan pertama. Eh papanya Dhika malah telpon emaknya suruh ke rumah. Yeee emaknya bisa nolong apa? Yang kita perlukan kan orang yg punya pengalaman medis. Abis gue teriakin gitu, papanya Dhika lgs lari cari bidan itu. Sementara itu Dhika udah berhenti kejangnya.
Kejangnya kurang dari 5 menit. Udah lgs lemes dan nangis. Gue peluk terus. Sementara pembantu gue, ipar gue, mertua gue dan papanya Dhika pada nangis. Tapi entah kenapa gue ga bisa nangis lho. Dalam otak gue cm kepikiran apa yg harus gue lakukan kalo anak kejang. Apa gue aneh ya? Gue dikatain papanya Dhika aneh karna ga nangis pas kejadian itu. Tapi gue berargumentasi kalo semua nangis panik, ga ada yg kepikiran utk cari bantuan pertolongan pertama dari bidan dong.

Dhika dikasih obat penenang lewat dubur sm bidan. Trus dianjurkan utk dibawa ke RS karena takut kejang berulang. Kalo kejang sampe berulang, akibatnya bisa fatal kena syaraf otak. Gue lgs gendong Dhika bawa ke mobil.Waktu itu udah jam 5.30an. Jalanan Cacing lagi macet parah. Gue panik bgt liat macet parah gitu. Mana badan Dhika masih panas tinggi. Gue takut kalo Dhika sampe kejang lagi di mobil. Akhirnya muter2 cari jalan tikus utk menghindari macet.

Tadinya mo lgs ke RS Mitra Keluarga Kelapa Gading. Tapi takut macet parah. Jadinya cari RS yg terdekat dulu. RS yang terdekat tu RS BPP (RS Pelabuhan). Lgs masuk ke UGD. Tapi pelayanan dan dokter di situ bener2 PARAH. Nyesel gue pernah bawa Dhika ke situ. Buang2 duit doang gue di sana. Anggap aza buang sial deh.

Masa gue ditakut2in sm dokter UGD di situ kalo ga rawat inap ntar Dhika bisa kejang berulang. “Emang ibu mau tanggung akibatnya?”. Udah itu gue tanya kalo dirawat inap apakah harus diinfus?.Dokter itu bilang iya harus.Gue tanya apakah bisa tanpa infus soalnya kasian masih anak kecil.Tau ga dia jawab apa? Dia bilang gini “Ibu mau anaknya tiap kali dikasih obat suntik lewat kulit? Itu lebih sakit lagi lho. Terserah ibu sih.” Ih pengen gue bejek2 deh tuh dokter. Sombong bgt lagaknya.

Karena takut ga bisa handle kalo Dhika kejang lagi di rumah,gue okein utk rawat inap. Trus Dhika dikasih obat turun panas yang lewat dubur itu. Nah ini lebih parah lagi kejadiannya. Yang kasih obat tuh ketauan bgt dokter masih kuliah praktek. Masa kasih obat gitu aza tangannya gemeteran. Udah itu abis obatnya masuk ke dubur kan harusnya dia tahan dulu bbrp detik. Ini lgs dicabut. Obatnya keluar lagi dong. Trus si Dhika lgs ngeden eek. Eh dokternya kabur jijik liat eek. Dokter kok jijik sih sm eek. Bukannya mereka berurusan dengan yg lebih menjijikkan lagi? Gue minta tisu utk bersihin eek Dhika, masa dijawab ga ada tisu. RS apa itu ga ada tisu sm sekali? Parah……..

Karna udah kesel bgtz tingkat berat, gue lgs mutusin bawa Dhika ke RS Mitra Keluarga Kelapa Gading (RS MKKG) aza. Waktu dengar gue ga jadi rawat inap,dokter UGD sombong itu resepin obat turun panas dan kejang. Gue cuekin aza lgs bawa Dhika ke mobil. Itu resep diambil sm papanya Dhika. Dan begonya pake ditebus segala. Buat apa coba?

Perjalanan ke RS MKKG lancar ga macet. Lgs bawa ke ruang praktek dokter anak langganan, dr. Trasmanto. Dhika diperiksa bentar trus dikasih obat turun panas lewat dubur lagi. Karna dicek ternyata panasnya masih tinggi 39.9 derajat celcius. Ohiya lupa cerita kalo di RS BPP, masa Dhika diukur suhunya pake termometer air raksa yang dijepit di ketek. Masih bagusan termometer gue yang di rumah yg udah digital. Udah itu bukannya itu dokter tungguin ukur suhu badan. Abis ditaruh di ketek Dhika, dia kabur. Errrgghhh gondok lagi deh kalo inget itu. Makanya ga akurat bgt tuh ukur suhu badannya Dhika. Dibilang cm 38 derajat. Pdhl waktu diukur pake termometer yang lewat telinga di RS MKKG ternyata suhunya masih tinggi 39.9 derajat.

Ceritanya balik ke ruang praktek dr.Transmanto nih. Abis Dhika diperiksa, gue bilang sm dokternya gue mau rawat inap. Karna gue takut Dhika kejang lagi. Trus sm dr.Trasmanto, gue ditenangin. Gue diajarin cara2 mencegah anak kejang. Trus gue diresepin obat utk jaga2, obat turun panas dan obat kejang yg lewat dubur. Tapi obat ini hanya dipake kalo panasnya udah tinggi. Nah kalo ditenangin dan dinasehatin kayak gitu kan enak.Gue jadi bisa tenang ga panik lagi.

Yang kasian tuh waktu Dhika diinfus. Dicari pembuluh darah di tangan dan kaki susah bgt dapatnya. Trus waktu dipasangin, Dhika berontak. Tenaganya kuat bgt. Jadinya jarum infus yang udah masuk malah geser. Terpaksa dicabut lagi. Terulang 2 kali tuh di tangan kiri dan di kaki kiri. Akhirnya susternya bilang ke gue kalo Dhika mo dibawa ke ruang bayi di lantai bawah. Dipasang infus di situ dibantuin sm suster2 di situ yang lebih berpengalaman pasang infus di anak kecil. Waktu dibawa ke ruang bayi itu, gue diusir keluar ga boleh ikut di dalam. Gue intip dr celah pintu, ada 4 suster yang megangin Dhika. Kasian bgt anak gue. hiks….sedih bgt denger tangisannya dari luar kamar situ. Ternyata Dhika sekalian diambil darah utk cek lab.

Malam pertama panas Dhika turun. Gue udah senang aza pengen balik ke rumah. Tapi dr. Tras bilang belum tentu panasnya ga naik lagi. Karna semalaman di RS kan dikasih obat turun panas terus. Disuruh tunggu sehari lagi. Dan ternyata bener tuh. Panas Dhika naik lagi seharian itu. Dr. Tras bingung sm kondisi Dhika. Ga batuk, ga pilek, ga muntah, ga mencret tapi kok bisa demam tinggi sampe kejang? Akhirnya disuruh konsul sm dokter THT. Dicek sm dokter THT, telinga ok ga infeksi, cm ada lendir dikit di tenggorokan. Dari hasil cek darah ternyata ada bakteri. Hb Dhika jg rendah dan leukositnya tinggi. Hari ketiga suhu badan Dhika udah normal. Gue minta pulang sm dokter deh.

Total 4 hari 3 malam gue ‘nginep’ di RS MKKG. Total biaya 3 jutaan lebih. Tapi dicover sama kantor gue. Dan gue jg ada asuransi Prudential utk Dhika. Kalo udah kejadian kayak gini, berasa bgt manfaatnya asuransi. Pdhl waktu bayar tiap bulannya gue berasa berat. hihihi.

18 thoughts on “Dhika kejang

  1. nat says:

    ya ampun liim, gue sampe deg2an bacanya loh…

    jadi ini jwaban kenapa elu ‘ngabur’ ngilang lama dr dunia perblogan…

    waduuh….skrg si dhika gimana keadaannya? uda sehat lagi kan?

    Gua miris bacanya, walau blon lahir anak gua, tp gue ngebayangin gimana perasaan lu lah liat anak sakit…

    bener sih yang bagian elu gak bisa nangis itu, kalo semua nangis bisa2 gak ada yg bisa mikir jernih..

    moga2 dhika cepetan sehat lagi yah, cepetan bisa maen2 dan cepet ‘bandel’ lagi kayak sehari2 yah…

  2. esthertanudjaja says:

    Waduh, Lim, Lim, kebayang banget gimana kejadiannya. Waktu itu Andrew sempet panas tinggi ampe 40 derajat, walau ngga kejang aja gua juga takut. Untung deh akhirnya Dhika udah ngga kenapa2. Hidup asuransi juga yah, hehehehehe. Si Andrew and gua juga ada asuransi prudential tuh berhubung nyokap gua agent di pru. Jadi yah kaya pas kemarin ini gua sempet masuk RS di indo juga yah ketolong ada asuransi juga. Belum lagi kalo di prudential, bon2 rumah sakit ngga dikeep, jadi bisa kita pake untuk masukin ke asuransi kantor kalo ada . Jadi kan nolong banget tuh.

    Btw, don’t worry about ngga nangis pada saat kondisi seperti itu, karena kalo elu juga nangis, kan bisa tambah panik anaknya juga. Justu elu yang bener tuh, kudu tenang. Dan ngga semua orang bisa kaya gitu, so you did great.๐Ÿ™‚

  3. Limmy HL says:

    @nat:hehe iya nat.ini cerita di balik hilangnya gue dr dunia perblogan.halah bahasanya. hehe :p

    skrg dhika udah sehat kok. udah nakal dan bandel lagi.

    jadi gue ga nangis panik menurut lu wajar ya nat? soalnya gue jd merasa kok gue kurang naluri keibuan apa gituu..

    @esther:wah andrew daya tahan tubuhnya kuat ya. jangan sampe kejadian kayak dhika deh. skrg ini gue parno bgt dhika demam. takut kejang lagi. takut kena syaraf otaknya.

  4. Arman says:

    waduh udah lama gua liat blog lu gak pernah diupdate, sekalinya diupdate ceritanya begini… wuiii…

    wah lim, kalo gua bilang lu malah hebat kagak panik lim. justru diantara semua panik, harus ada yang gak panik biar bisa mikir logis dan lagian biar anaknya juga lebih tenang.

    terus terang pas andrew panas tinggi dan tadinya kita pikir demam berdarah itu gua panik banget lho, tapi esther lebih tenang jadi bisa nenangin gua dan ternyata emang dokter pun bilang gak perlu rawat inap karena si andrew DD bukan DBD. jadi emang perlu tuh untuk bisa stay calm… ya emang ada orang2 yang kayak suami lu atau gua yang orangnya panikan… hihihihihi. makanya cocok kalo suami nya panik, istrinya jangan ikut panik…๐Ÿ˜€

    kalo gua liat kayaknya lu lebih banyak tau tentang kesehatan anak misalnya tentang kalo anak demam jangan malah dipakein yang tertutup, atau tentang infus yang gak perlu… kalo gua boleh suggest sih, tiap kali lu baca2 tentang kesehatan anak (walaupun saat itu dhika sehat2 aja), lu kudu selalu cerita-ceritain yang lu baca itu ke suami lu lim. biar suami lu juga knowledgeable tentang hal itu.. ya kan??

    anyway… ikutan lega deh dhika udah sembuhhh๐Ÿ™‚

  5. Limmy HL says:

    @arman:wuih jadi malu dipuji2 kalian suami istri nih. hihihi๐Ÿ™‚

    emang gue yg lebih demen baca dibanding adi. dia mah ga demen baca sm sekali. makanya kalo ke dokter gue insist dia harus ikut di dalam. biar dia denger apa yg dijelasin sm dokter. kalo gue yg ngomong dia suka ga percayaan. contohnya masalah Antibiotik. gue bilang anak sakit ga selalu harus dikasih AB tp Adi bilang gue sok tau dari dokter. gitu deh.

  6. Andri Kusuma Harmaya says:

    Halo…Salam kenal sebelumnya…Kalau ingin mendapatkan info tentang kejang demam,mampirlah ke blog saya.Di sana ada artikel tentang masalah itu.Semoga bisa bermanfaat.. ^_^

  7. Mei Mei says:

    duh untung uda sembuh ya lim. moga ga kenapa2 lagi. tp bener sih loe hebat kaga panik๐Ÿ™‚ gue dulu tiap liad doggie gue kejang2 aja gue uda panik 1/2 mati. jerit sana sini weekekekek

  8. Limmy HL says:

    @mei:nah kalo lu tipe yg panikan,moga2 suami elu enggak mei.biar kalo situasi darurat gitu, ada salah satu yg bisa handle situasi.

  9. Yulian says:

    Waduh Lim, gw bacanya aja ikutan deg2an. Juga ikut sebel tuh ama dokter di RS pelabuhan itu.

    Sukur Dhika dah sembuh ya๐Ÿ™‚. Kudu sedia obat kejang dari rumah kalo gitu ya, Lim.

    Elo oke banget menurut gw, engga panik dan ga nangis. Padahal sekeliling pada nangis semua.
    Kalo di situasi genting (ciee bahasanya) gitu, kayak dulu wkt jeslyn jatoh bedarah2, gw juga ga nangis, Lim. Tapi panik aja dan langsung mikir mo bawa ke RS.
    Kalo laki gw tipe yang lebih nyantai, Jeslyn di priksain dulu sana sini. Kalo emang urgent baru bawa ke RS.

    Btw, bole di share ga ke kita2, dr. Trasmanto kasi tips apa kalo anak kejang?

    Gw lebih prefer RS Gdg Pluit daripada RS Mitra KG, Lim. Uda denger dari 3 temen yg anaknya opname disono, semua kesel dan bete. Dokter ga bener, suster2 juga ga prof.

    Tapi kalo emang dah urgent, yah mo ga mau, kita nyari yg terdekat yah.

  10. Limmy HL says:

    @yulian:wua lu hoki dpt suami ga panikan. jadi bisa tetep tenang di situasi genting.

    ntar deh gue share tips2 dr.tras utk mencegah anak kejang.

    eh yul,gue justru pengen cobain rs gading pluit.di mana sih lokasinya?
    ada dr spesialis anak rekomendasi ga?

  11. Marlina says:

    wah maap ya Lim baru baca nih. Jadi baru tau kalo Dhika abis sakit. Sampe kejang segala. Kasiannya.
    Syukurlah skrg udh sehat lagi ya..

  12. l3l1 says:

    jadi inget kejadian anak cici gue yg kedua dio, sempet kejang… semua pada panis histeris.. untung ada nyokap gue yg bisa tenang… tuh anak panas 39 aja bisa kejang.. udah 2 kali siy…

    kaenya anak jika ada riwayat kejang gini, klo lagi demam kudu dijaga 24 jam deh…

    gue ampe tegang dan berkaca2 baca cerita lu lim. emang klo dah emak2 begitu ‘kali yaaa

    btw, kenneth masih seperti biasa kok.. sikat giginya masih susah..

  13. Limmy HL says:

    @marlina:iya nih mar.skrg sih dhika udah sehat. udah nakal spt biasa.๐Ÿ™‚

    @leli:hah?terulang 2x?trus pengaruh ga ke syaraf otak?gue parno bgt abis dibilangin kalo berulang gitu bisa kena ke otak. serem kan.๐Ÿ˜ฆ

    kenneth susah sikat gigi aza giginya bisa bersih gitu ya? kalo dhika udah rada kuning nih. apa karna kebykan dikasih AB selama sakit kemaren?

  14. - manda ayah buat toriq - says:

    yahhhh maap ya lim, baru sempet baca sekrg…..
    waduh….emang ya kondisi RS sama dokter kita ini rese2 banget….mudah2an dokter langganan gue masi idealis deh…cuma kalo dia dah ga ada, bingung deh nyari gantinya, hehehe

    kek waktu gue abis lahiran Toriq, wkt itu kan ipar gue anaknya demam kejang…eeeee masak tu ipar dengan teganya manggil suami gue yg wkt itu masi nemenin gue di kamar…jadilah tu malem gue sendirian di kamar krn laki gue nemenin ipar gue buat ke rs krn anaknya kejang…..dan pelayannya ampir mirip sama kek gitu….
    dokternya bikin gondog….ckckkck

    keknya emang kita musti banyak cari tau soal penyakit lewat web sehat ya? biar ga dibego2in dokter2 gadungan…..wkwkwkkwkw

  15. luvly7 says:

    Waduh, baru tau juga niy gue cerita si Dhika. Sempet bingung pas liat poto anak lu pake infus segala …

    Emang kadang2 ibu yang cengeng malah ga membantu yaaa … gue juga salut sama elu yang tetep tenang padahal sekeliling elu dah nangis semua.
    Karena tenang, elu jadi bisa tetep inget apa2 yang kudu elu lakukan, kyk masukin jempol ke mulut biar lidah ga kegigit!

    Hmm, sama niy gue juga lom ada dokter yang paten kalo emergency case … dokter sini payah2 emang ya!! cerita dokter yang jiji liat ee itu gak banget deh!!
    ๐Ÿ˜ฆ

    hff, seneng Dhika dah sehat lagi yaa ๐Ÿ™‚

  16. Limmy HL says:

    @sofie:kasih tau dong rs mana yang lu maksud. biar bisa kita blacklist.

    @febiola:hehe lega deh kalo ternyata gue ga nangis panik itu byk yg dukung. tadinya udah merasa kalo gue aneh dan kurang keibuan aza.

  17. Ariany says:

    hai lim baru sempet baca yang ini.. dengan jelas..๐Ÿ™‚ marv kejangnya agak lama loh kemaren..๐Ÿ˜ฆ jadinya gue sempet stress.. untungnya dia gak papa, abis itu tidur… gak pake nangis.. setelah itu baru nangisnya keras banget… duh gak kebayang kalo kejang di rumah, gue bisa pingsan beneran. tapi bener lim.. gue juga gak bisa nangis loh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s