Jika aku menjadi …

Kalian pernah nonton acara di TransTV ini ga? Tiap hari Minggu sore jam 6. Di acara ini ada satu orang yg dari kalangan menengah akan ikut menjalani kehidupan penduduk miskin selama sehari. Ada yang ikut jadi pemulung, nelayan, dan pekerja kasar yg lain2.

Nah yg mau gue bahas tuh acara yang hari Minggu lalu tgl 23 Maret 2008. Di episode kali ini seorang cewek (karyawan swasta) ikut menjalani kehidupan seorang pencari belut di daerah Bekasi. Bapak itu punya 3 anak dan istrinya sedang hamil 8 bulan (Kenapa ya orang susah gitu rata2 anaknya byk? Heran). Rumahnya cuma gubuk gitu. Tiap pagi sampe sore bapak itu keliling ke sawah dan rawa untuk cari belut. Trus kalo ada hasil, dijual utk beli makanan utk dibawa pulang ke rumah.

Yang bikin gue sedih dan terharu bgt tuh, ternyata selama mencari belut itu bapak itu ga bawa bekal makan dan minum sm sekali. Pdhl panas matahari terik bgt. Dan dia belum makan dari pagi. Katanya kalo laper atau haus ya ditahan saja.

Setelah seharian cari belut, akhirnya dia berhasil dapat beberapa ekor.Dan tau ga hasil dia capek2 seharian itu cm dihargai berapa? Cuma 4000 perak. Cewek yang ikut acara Jika Aku Menjadi itu sedih bgt liatnya. Dia ga percaya seharian kerja keras cari belut cuma dihargai segitu.

Dalam perjalanan pulang, bapak itu ketemu tukang singkong. Dia beli singkong utk makanan anak istrinya. Katanya dia cm mampu beli singkong dengan duit segitu. Kalo beli beras dengan duit segitu, ga cukup makan utk sekeluarga.

Sampe di rumah, singkong dimasak dan dimakan rame2 sekeluarga. Ternyata anak istrinya juga ga makan seharian. Jadi kalo mo makan,mereka harus tunggu bapaknya pulang. Kalo bapaknya pulang ga bawa makanan, mereka ga makan seharian. Bayangkan makan sehari cm sekali. Dan itupun cuma makan singkong. Cewek yang ikut acara Jika Aku Menjadi itu sampe ga kuat tahan sedih. Dia nangis tersedu2 sampe harus ditenangin sm kru acara. Gue yang nonton juga jadi ikut sedih dan menahan air mata.

Di akhir acara, bapak itu dihadiahi perahu untuk mencari nafkah. Semoga kehidupan keluarganya akan lebih baik dengan adanya sarana ini. Amien.

Gue dan Adi suka nonton acara seperti ini. Untuk mengingatkan kami berdua agar selalu bersyukur atas rejeki yang telah kami berdua dapat selama ini. Untuk selalu inget melihat ke bawah, jangan melihat ke atas terus.

16 thoughts on “Jika aku menjadi …

  1. Pucca says:

    oh..gua pernah tau ada acara itu lim. tp gua blom pernah nonton tuh. bagus ya? kalo bagus nti gua nonton deh hehe😛
    soalnya skarang gua jarang banget nonton tv, acaranya banyak yang ga mutu soalnya😛

  2. Limmy HL says:

    di transtv acaranya bagus2 kok.
    abis acara ‘jika aku menjadi’ itu jam 7 malam ada acara ‘akhirnya datang juga’. lucu bgt tuh. coba deh sesekali nonton.

  3. l3l1 says:

    hehe samaan ama pucca niy,jarang nonton tipi. tiap hari tipi dibooking kenneth. setelah malam jam 7 an gitu dia dah masuk kamar ama gue.. jadi ngak sempet nonton juga.. kadang sempet guenya yg malas hehehe

  4. Arman says:

    betul, kita kudu bersyukur banget ya ama yang udah kita dapetin…

    tapi gua emang heran kok ama orang2 itu… udah tau idupnya susah kok bisa anaknya banyak…
    dibilang gak bisa beli alat kontrasepsi… tapi kok mereka bisa beli rokok ya?? nah aneh kan…

  5. nattever says:

    gua juga kalo nonton acara ini sampe berkaca2 lim…
    gua pikir gua cengeng banget, tnyata emang lu juga terharu-biru gitu yah…

    kadang kita emang mesti ngeliat kebawah sih buat bersyukur …

  6. Limmy HL says:

    @arman:emang bener man.pdhl suntik kb di bidan cm 10rb lho.mgkn mereka masih berpikiran byk anak byk rejeki.

    @nat:hehe jangankan elu yg sentimental nat. gue yg kurang sensitif aza sampe terharu bgt. hahaha

  7. Marlina says:

    Kalo aku nonton yg begitu pasti nangis tersedu-sedu juga..*emang cengeng sih*
    Kasian bgt cuma bisa makan 1x/sehari…sementara org lain bisa buang2 uang duduk di cafe..hikss..

    Tapi ya gitu anaknya banyak..

  8. yulia says:

    jangankan liat itu acara Lim, skrg aja gw lg mewek2 baca postingan lu ini..paling gak tahan tau yg begini2an nih gw😦

  9. Limmy HL says:

    @yulia:hahaha berarti cewek plg sensitif di blog adalah elu yul.
    kalo lu nonton lgs acaranya gue rasa lu banjir air mata deh.

  10. Yulian says:

    gw ga suka yang sedih2, Lim…karena gw pasti bengkak2 abis nonton. jangankan nonton, baca novel aja gw bisa nangis.

    or kpn hr liat di tv, bayi yg cacat aja gw nangis hehe

    eniwei, gw jarang bgt nonton tv sih. lebih sering baca.

  11. Pitshu says:

    buset dah itu bininya lagi hamil anaknya enggak ada gizinya donk!?

    kenapa orang ga mampu anaknya banyak, secara mau KB aja kudu bayar mahal, klo yang ga mampu gemana?! beli kondom aja enggak sanggup, mending buat makan. Harusnya yg namanya KB gitu gratis gitu low…

  12. Limmy HL says:

    @yulian: yul,gue jd inget lu bilang nonton CJ7 aza sampe nangis ya? gue udah nonton tp ga nangis tuh. mgkn tingkat sensitivitas lu sangat tinggi ya.

    @pitshu:bener bgt pit.kl pemerintah mo program KB sukses dan pengetasan orang miskin sukses makanya KB,sekolah,kesehatan harus gratis semua.

  13. luvly7 says:

    Huuuuuuwuuu … aku seydiiih!!!
    **lagi ngelap aer matah**

    Pemerintah emang buta ya sama yang begini2 … 4000 di jakarta buat beli somay aja ga kenyang lim😦

Leave a Reply

