Dhika sakit lagi. hiks :(

Kronologi Dhika sakit lagi (capek deee kok sakit mulu sih nak?)
Awalnya Dhika tuh batuk pilek. Tapi gue biarin aza ga bawa ke dokter karna mikirnya batuk pilek kan karna virus, bisa sembuh sendiri. Untuk encerin dahaknya, gue kasih OBH Combi anak dan jeruk nipis+madu. Lumayan ampuh tuh untuk encerin dahak.
Pileknya sembuh tapi batuknya masih berlanjut. Pas hari Kamis tgl 27 Maret 2008, malamnya Dhika demam lumayan tinggi. Berhubung Dhika udah punya sejarah kejang demam, gue rada parno. Jadinya gue bawa ke dokter tuh besok paginya. Kali ini cobain dokter baru hasil rekomendasi dari Yulian Mama Jeslyn di RS Gading Pluit. Nama dokternya dr. Luszy Arijanty, Sp.A. Dokter cewek masih muda. Menurut Yulian, dokter ini ga asal resepin antibiotik utk anak.ย 
Tapi Dhika tetep dikasih resep antibiotik tuh. Katanya batuk pilek Dhika ga barengan sama demam. Demamnya muncul setelah pileknya sembuh. Kalo batpil barengan demam, justru ga perlu AB. Tapi kalo demamnya muncul setelah batpil, tetep perlu AB karna udah bukan karena virus. Demam belakangan muncul ini menandakan daya tahan tubuh Dhika lemah karna virus batuk pilek yang berakibat ke demam (karena bakteri). Makanya perlu dikasih AB.
Karena gue agak keberatan soal antibiotika (AB), dokternya bilang utk hari pertama coba kasih obat batuk dan demam utk Dhika dulu. Kalo demamnya berlanjut, baru kasih AB. Sayangnya obat batuk dan demam Dhika masih dalam bentuk puyer. Waktu gue request obat sirup aza, kata dokternya kalo dikasih obat sirup, dia ga bisa tambahin obat anti kejang di obat demam Dhika. Jadinya gue terima aza deh.
Pulang dari RS, Dhika gue kasih obat puyer batuk dan demam. Semalaman itu Dhika ga demam lagi. Senangnyaaaa….Besoknya hari Sabtu tgl 29 Maret 2008, Dhika juga ga demam, cuma masih batuk dikit. Jadinya gue berdua papa Dhika bawa Dhika jalan2 ke MKG. Mo urus XL dan cari kado ultah buat gue. hehe๐Ÿ™‚ Sekalian ketemuan sama kenalan yang mo kasih contoh kardus buat bisnis papa Dhika.ย 
Hasil jalan2 di MKG:ย 
  • no XL gue dan papa Dhika migrasi dari Xplor ke Bebas. Soalnya ternyata tarif xl bebas tuh lebih murah dibanding Xplor yang pascabayar. Tapi terpaksa no hp gue non aktif selama 3 hari. Makanya sms dari Viol dan Susy ga sampe2. hihihi sorry lupa inform kalian gals.
  • gue berdua papa Dhika capeeeeek bgt jagain dan gendong Dhika. Dia tuh ga ada takut2nya di tempat asing. Sibuk jalan ke sana ke mari. Lari ke sana kemari. Pegang ini itu. Sekarang udah tau Timezone. Begitu liat Timezone, lgs minta masuk. Kalo ga diturutin, lgs ngambek nangis.
  • berhubung gue dan papanya udah kecapekan, trus udah tanya ke salah satu toko kamdig di MKG kok ga jual merk casio. Akhirnya kita pulang deh.
Pulang dari MKG, Dhika gue mandiin. Pas gue lagi tampungin air panas dr waterheater ke ember, Dhika jatuh kepleset. Hikssssssssss…jatuhnya telentang gitu. Kepala bagian belakangnya kebentur lantai kamar mandi. Lgs nangis kenceeeeng bgt dan gue lgs diomelin papanya karna ga jagain dengan baek. Malam itu Dhika demam tinggi lagi. Entah karna kecapekan dibawa jalan ke mal padahal baru sembuh (maapin mama papa ya Dhika, udah terlalu nafsu shopping) atau karena efek jatuh. Malam itu gue kasih obat puyer demam tapi kok ga ngaruh ya? Makin panik.ย 
Hari Minggu tgl 30 Maret 2008 (my birthday) Dhika tetep demam seharian. Malahan waktu malam makin tinggi panasnya sampe 39.1 derajat celcius. Gue kompres air anget lumayan turun jadi 38,7 derajat celcius. Papa Dhika panik mo bawa ke dokter. Tapi hari Minggu kan ga ada dokter anak yg praktek. Jadinya tunggu sampe Senin pagi baru bawa ke dokter lagi. Duh terpaksa gue cuti lagi deh. Maap ya bos. Untung bos gue orangnya pengertian. *Yaaa jadi ultah gue yg ke-30 dilewatin dengan ngurus anak sakit. Boro2 mo makan2 ultah sekeluarga seperti yang direncanakan. hiks*
Senin pagi tgl 31 Maret 2008, gue bawa Dhika balik ke dr.Luszy lagi. Pas gue sampe di RS Gading Pluit, gue dapat no urut 12. Dan yg lagi di ruang praktek dokter baru no urut 3. Olala ternyata dokter ini rame jg pasiennya. Pdhl waktu gue datang hari Jumat lalu, sepi bgt ga ada pasien lain selain Dhika. Malah saking sepinya ga ada pasien, waktu gue sampe di RS, kata susternya, dr.Luszy lagi fisioterapi. Dan gue disuruh nunggu 15-20 menit.
Selama nungguin dapat giliran, Dhika sibuk main2. Jalan kelilingin rumah sakit, nyapa2 orang yang lagi duduk antri, main kuda2an dan kereta api di section anak situ. Main2 sama pasien anak2 lain. Duh ga bisa diem deh. Capek jagainnya. Untung kali ini gue bawa pembantu gue utk bantu jagain. ga kayak waktu hari Jumat lalu waktu pertama kali ke RS, gue sok mo jagain sendiri. Yang ada gue kelimpungan kudu bayar ini itu sementara Dhika lagi rewel minta gendong terus.
Akhirnya setelah bolak balik tanya giliran gue kapan ke suster, gue dapat giliran juga. Sama dr.Luszy kali ini Dhika disuruh cek darah karena takut kena DB. Berhubung Dhika udah demam selama 4 hari. Ok deh gue turutin aza. Yang penting Dhika ketauan sakit apa biar bisa cepat sembuh.ย 
Dhika diambil darah dari ujung jari. Kirain cm setetes dua tetes. Ternyata diambil lumayan byk juga. Dhika udah nangis kenceng bgt. Sampe gue ga tega trus minta udahan aza sm yang ambil darahnya. Alasan orangnya sih kalo sampel darahnya kurang ntar hasil lab ga lengkap.ย 
Udah itu gue harus tunggu 2 jam utk hasil lab. Gue minta dipercepat 1 jam tapi kena biaya tambahan. Selama nunggu hasil lab, gue nonton Oprah Show dulu sementara Dhika dijagain pembantu gue sibuk main. Oyah topik Oprah Show ttg Autisme yang disebabkan oleh vaksin MMR. Ini mah dibahas di postingan lain aza.
Kelar nonton Oprah Show, gue balik lagi ke lab minta hasil. Tunggu kira2 5 menitan, hasil lab keluar. Gue balik lagi ke dokter. Ternyata trombosit Dhika normal, artinya bukan kena DB. Leukosit tinggi bgt. Makanya demam. Trus dikasih antibiotik baru. Gue tanya ke dokternya, AB yg lama belum abis trus diganti AB baru gpp? Katanya gpp. Gimana seh? Bukannya AB itu sekali diminum harus diabisin? Gue mo bawel tanya2 tapi Dhika rewel bgt deh. Nangis mulu minta keluar dari ruangan dokter. Gue suruh pembantu gue yg temenin tapi Dhika ga mau. Maunya sama gue, tangan gue ditarik2 minta dibawa keluar. Jadinya gue ga puas deh tanya2 dokternya. Pdhl dokter yg ini lumayan informatif kalo ditanya2.
Pulang dari RS, Dhika ketiduran di mobil. Seperti biasa, kalo udah masuk mobil, lgs cari PW (posisi wueeenak), minta nen2 trus bobo deh. Sampe di rumah jam 1 kurang, Dhika tetep pules bobo waktu gue taruh di kasur. Dan coba tebak dia bangun jam berapa? Jam 4 kurang bo. Tidurnya lama bener. 3 jam lebih. Tapi pulang dari RS itu Dhika ga demam. Bangun tidur, gue kasih makan. Abis itu kasih minum obat lagi. Trus tadi jam 8an gue suapin makan sebelum kasih obat lagi. Sampe skrg jam 11 malam, Dhika ga demam. Batuk jg makin jarang. Tidurnya pules. Senangnyaaaa kalo anak udah sehat.
Duh Dhika jangan sering2 sakit ya….
NB:Posting yg panjang utk cerita anak sakit. Pasti yg belum punya anak bosen deh bacanya. hehe

10 thoughts on “Dhika sakit lagi. hiks :(

  1. Marlina says:

    Kasiannya Dhika..mudah2an gak demam lagi ya..
    Memang kalo baru abis sakit, trus anak2 aktif lagi (dibawa jalan2 or shopping, hehe), ntar malemnya bisa panas lagi tuh badannya. Anakku juga gitu loh..
    Soalnya badannya belum fit bener, trus udh kecapekan lagi.

    Ngomong2, happy 30th birthday Limmy! semoga panjang umur ya..

  2. Arman says:

    happy birthday ya lim… wish all the best for you!!๐Ÿ™‚

    duh kasian dhika. menurut yang gua pernah baca nih ya lim, most of fever untuk anak2 itu karena virus. bukan bakteri. kalaupun sampe demamnya lewat dari 72 jam (bahkan kadang demam karena virus bisa sampe 5 hari dan gak diiringi batuk pilek kok – Andrew pernah begini soalnya) baru coba cek darah untuk tau bakteri atau bukan dan kalo bakteri –> bakteri apa.

    jadi AB nya pun ngasihnya gak sembarangan.

    sorry to say ya, tapi kok kayaknya dokternya nyoba2 gitu sih. serem ah lim…

    ini cuma suggestion aja ya: cobain ke dr. lineus hewis. prakteknya di JWCC di prapanca. emang jauh banget sih. tapi kalo gua bilang sih worth it. karena orangnya bener2 gak gampang2 ngasih obat. bener2 diliat dulu apa penyebabnya.

    moga2 dhika cepet sembuh ya lim…

  3. Limmy HL says:

    @marlina:thanks mar.๐Ÿ™‚
    iya nih dasar gue berdua papa dhika terlalu nafsu belanja. anak baru sembuh lgs dibawa kelayapan di mal.

    @arman:man, gue udah sering baca artikel kesehatan anak dan udah tau mengenai hal2 yg lu sebutin itu.
    tp masalahnya suami gue ga percaya sm gue. di keluarga dia tuh sakit dikit lgs cari dokter. waktu dhika sakit itu, awalnya gue ga kasih AB. dia marah2 sm gue. akhirnya jadi berantem. hiks๐Ÿ˜ฆ

    thx utk rekomendasi dsanya.๐Ÿ™‚

  4. l3l1 says:

    hahaha samaan kasusnya ama gue, klo anak dah sakit berantem soal obat mulu. hihihi… tapi sekarang udah ngak siy… gue udah bisa lebih pede karena hasilnya emang kebukti lim…

    semoga ngak demam2 lagi ya. paling stress ya klo anak sakit , apalgi klo dah pernah kejang.. trauma pasti ya ….

  5. - manda ayah buat toriq - says:

    happy belated birthday ya Lim
    semoga makin sukses dan makin banyak barokah buat Limmy sekeluarga

    sama niy, kan Toriq masi batuk aja tuh, tadinya pileknya udah keliatan mendingan, eee sekarang masi ngucur ajaaa…awhhhh…..

    gw juga paling ga suka kasi2 obat sebenernya, apalagi AB pantang banget…..makanya kmrn cuma disaranin dokter buat nebulizer aja, gw senengnya 1/2 mati. heheheh

    okd….met dapet banyak kado
    met main2 sama anak…dan smoga Dhika cepet baek ya?

  6. Limmy HL says:

    @leli:hiks gini deh nasib gue lel.sendiri melawan suami dan keluarganya yg ngotot kasih obat mulu.buat mereka yg penting anak cepet sembuh biarpun dikasih obat apapun.

    @dessy:thx des.๐Ÿ™‚

    @sofie:thx sof. amien utk doanya.๐Ÿ™‚
    dhika tuh udah ga pilek.cm batuk berdahak,ga sering2 sih tp mengganggu bgt pas dia lagi bobo.yg gue plg takutkan sih demamnya itu lho.takut demam tinggi trus kejang lagi.

    @viol:lu tau sendiri porsi makan gue udah jumbo.gmn dong ga bisa gemuk2 juga? hiks๐Ÿ˜ฆ

  7. Lovie says:

    dear Limmy! happy belated b’day ya !

    kebetulan pas mampir n liat posting loe yg Dhika sakit…
    pengen ikutan sharing juga Lim… i was in your position too sampe2 bikin “perang” antara suami (n gua) dgn mil . tapi skrg da gpp… ya mgk g sedikit beruntung krn suami gua ada di pihak gua even mgk dia wkt itu blom ngerti2 banget.
    ๐Ÿ™‚ kalo mo memudahkan sih emang cari dokter yg mayan RUD deh (kalo RUD banget mgk cuma Dr Wati kali ya … hehehe)

    share bout Jojo, wkt itu sempet demam disertai batuk pilek, tp anehnya demamnya udah off tp besoknya bisa on lagi dan mayan tinggi sampe 40 an. untungnya Jojo ga ada bakat kejang, kalo kejang pasti gua juga udah sutris kayak loe Limm…
    nah trs gua test urine Jojo utk cek apa dia kena ISK. ternyata bener. dan terapi nya ya memang pake AB.
    2 kali jojo kena ISK.
    so mgk next time kalo kejadian ada demam > 72hrs trus tinggi gitu coba test urine dulu utk cek apa kena ISK. Emang kalo anak sakit demam trs ga ada batuk pilek – kita nya sutris mikirin yah…. mg2 Dhika baek2 selalu yah

Leave a Reply

