Hamil lagi

Baru sempat update blog nih.Belakangan ini sibuk bgt dikejar deadline (siapa sih si deadline itu? Demen bgt kejar2 orang?).Jangankan update blog, mo blog walking aza curi2 waktu. Jadi baru skrg nih sempat update perkembangan hidup/kejutan dalam hidup gue belakangan ini. Eh ternyata udah ada yg membocorkan di blognya. hehe

Ternyata ya gejala gue sering sesak nafas, cepet capek, badan pegel2, perut sering sakit. Itu semua gejala hamil. Tapi karna gue ga ngeh jadinya gue menjudge diri sendiri kena anemia. Sampe ngotot minta obat kurang darah ke dokter segala. Padahal dari medical checkup ternyata hb gue bagus tuh. Tapi tetep aza gue ga ngeh. Kirain hb gue udah bagus karna gue udah rajin minum obat. Bahkan minggu lalu gue sempat minum milanta karna kirain perut gue sakit karna maag.

Yaah gmn bisa curiga gue hamil kalo gue ga ada gejala pusing mual muntah yg biasa dialami ibu2 hamil pada awal kehamilan? Emang sih gue ga dapat tamu bulanan. Tapi sejak minum pil kb khusus menyusui setaon lalu emang tamu bulanan itu ga pernah datang lagi. Sampe gue berhenti minum pil kb kira2 3-4 bulan yg lalu, tamu bulanan ga juga datang. Gue sempat curhat ke Viol. Tapi dia bilang mgkn karna gue masih menyusui dan hormon gue lagi kacao akibat pil kb. Tunggu kira2 1-2 bulan lagi deh baru cek ke dokter kandungan. Tunggu punya tunggu eh ternyata udah tekdung duluan.

Awal curiga hamil sih sebenarnya iseng doang lho. Waktu badan gue pegel2 itu, gue sempat tiba2 mual dan muntah (cuma sekali itu doang). Gue sempat curiga jangan2 hamil nih. Tapi masih belum pasti. Hari Kamis lalu, gue masih sempat ngantor. Tapi karna ga kuat tahan pegel dan ngilu di badan, akhirnya gue ijin pulang dan lgs menuju RS. Sampe di RS, badan gue udah demam 38 derajat celcius dan kepala udah cenut2 pusing bgt. Trus ditawarin sm dokter UGD utk suntik vitamin penghilang rasa sakit pegel/linu. Gue ok aza drpd gue ga bisa jalan pulang.

Besok paginya gue iseng testpack dan ternyata hasilnya 2 garis. Masih ga percaya, besok paginya testpack lagi. Tetep 2 garis. Akhirnya hari Sabtu pagi itu gue dianterin papa Dhika ke RS deh. Daftar utk dokter kandungan langganan tapi beliau sedang seminar. Baru praktek pas tengah hari. Akhirnya gue daftar utk dokter kandungan yg available aza saat itu.

Pas masuk ke ruangan dokter, setelah salaman, ditanya keperluannya apa sama dokter. Waktu gue bilang mo cek kandungan, dia tanya kapan terakhir mens. Nah ini yg susah dijawab. Akhirnya nentuin usia kandungan dari hasil USG deh. Waktu diUSG, ternyata janinnya udah lumayan gede, udah 12 minggu katanya kalo diukur dari panjang janin. HAH? 12 minggu? Gue kirain baru 4-6 minggu. Waktu diUSG, keliatan janinnya udah punya tangan dan kaki. Lagi digoyang2in tangan dan kakinya. OMG, kok bisa udah mengandung janin selama itu dan gue ga sadar?

Keluar dari ruangan dokter, gue masih shock. Bengang bengong kyk orang stress. Masih ga percaya kalo gue udah hamil lagi. Kepikiran si Dhika masih kecil. Masih nyusu pula sama gue. Terpaksa disapih deh. Papa Dhika sih senang bgt mo punya anak lagi. Katanya alhamdulilah dikasih rejeki anak lagi. Dia liat gue bengang bengong gitu, gue dimarahin. Katanya emang ga mau anak yg ini? Bukannya ga mau tp gue kepikiran aza planning gue gatot. Planning nyusuin Dhika sampe umur 2 taon. Planning hamil lagi setelah Dhika umur 3-4 taon.

Proses menyapih Dhika jg penuh perjuangan dan air mata. Dia yang selama ini udah enak nen2 dipaksa berhenti tiba2. Pastilah dia protes. Cara protes anak kecil ya gmn lagi? Nangis sekencang2nya. Kadang gue ga tega liat dia nangis2 gitu, akhirnya gue menyerah. Gue nen2in dia. Tapi tanpa sepengetahuan papanya. Kalo papanya tau, pasti marah2.

Dua malam lalu, Dhika ngadat lagi. Ngamuk2 karna udah ngantuk dan minta nen2 ga dikasih. Karna ga tega, akhirnya gue nen2in dan dia lgs bobo. Jadi nen2 itu cm seperti ngempeng buat dia. Kira2 1-2 jam kemudian, entah kenapa dia kebangun dan nangis2. Biasanya sih dinen2in lgs diem dan tidur lagi. Tapi kan dia lagi disapih ga boleh nen2 lagi. Dia nangis2 lama bgt. Papanya Dhika ngotot gue ga boleh nen2in Dhika. Gue ga tega liat Dhika nangis gitu. Gue sambil belai2 dia dan gue bilang “Sayang, jangan nangis ya!Dhika ga boleh nen2”. Tapi ga kuat liat dia nangis, gue pun ikut nangis sesunggukan. Papa Dhika liat gue nangis gitu akhirnya nyerah dan ngijinin gue utk nen2in Dhika. Ga lama pun Dhika bobo.

Sempat kepikiran lho dalam benak gue, kenapa sih gue harus hamil lagi? Kenapa sih gue sampe harus menyapih Dhika dengan paksa gini? Gue udah cukup puas dan bahagia kok punya Dhika aza. Duh tapi detik itu juga gue sadar gue udah berdosa bgt sm anak di rahim gue. Dia ga salah apa2 kok gue salahin dia gitu? Dia ga tau apa2 kok gue seakan2 ga menginginkan kehadiran dia di rahim gue? Maafin mama ya, baby!

Semalam perkembangan bagus nih utk si Dhika. Dia ga nen2 sama sekali. Waktu mo tidur, gue usap2 aza punggungnya sambil dinyanyiin nina bobo (diganti jadi Dhika bobo). Trus dia cm kebangun sekali minta minum. Dikasih minum air putih dan dia bobo pules lagi. Duh senangnya…Moga2 malam2 selanjutnya bisa lancar terus nih proses menyapih Dhika.

Sebenarnya menyusui selama hamil itu boleh2 aza.Gue udah searching di internet mengenai hal tsb. Dengan syarat kondisi ibu harus fit selama hamil dan menyusui. Nah masalahnya gue jadi gampang sakit2an. Makanya gue putuskan utk berhenti menyusui Dhika. Apalagi lingkungan sekitar gue ga mendukung sama sekali gue hamil sambil menyusui. Dari mertua, ipar, suami, temen2 ga ada yang mendukung sama sekali. Jadinya gue putuskan utk menyapih Dhika aza. Toh Dhika udah gede ini, udah 22 bulan.

Lepas dari masalah menyapih Dhika, gue punya kekhawatiran sendiri akan perkembangan janin di rahim gue. Apakah perkembangannya bagus? Soalnya selama ini kan gue masih menyusui Dhika. Trus gue jg ga jaga makan dan minum. Masih sering makan bakmi ayam abang2, indomie, fast food, minum soda. Jarang mengkonsumsi vitamin C. Ga minum asam folat yang penting bgt utk perkembangan awal janin.

Jadi utk menenangkan hati, sabtu ini gue mo balik ke dokter kandungan langganan gue nih. Mo curhat dan konsultasi sepuas2nya.

26 thoughts on “Hamil lagi

  1. l3l1 says:

    lim yg paling penting tuh.. jangan biarkan sedikitpun ada pikiran2 negatif masuk ke otak lu.. buang jauh2….

    karena gue waktu hamil kenneth juga ngak nyadar sempet 2 bulan ngak jaga makan… kena tokso lagi.. tapi gue selalu berusaha berpikir positif n ternyata semua baek2 aja…

    inga2.. jangan mikirin yg ngak2 ya…

    btw, congrat ya… anggap aja itu berkah lim.. ada yg mau punya anak susah.. lu dikasi kemudahan.. syukurin aja… (teori emang gampang yak)

  2. Yulian says:

    tul, Lim…bener kata papa Dhika, itu rejeki dari Tuhan…Tuhan dah kasi elo hamil lagi, brarti elo dah dikasi kepercayaan juga. jadi bersukur yaa hehe.

    again, selamat๐Ÿ™‚

  3. Marlina says:

    Memang nyapih anak itu susah ya Lim. Laura dulu juga persis gitu..ngamuk2, gak bisa tidur kalo gak kena nenen dulu. Tapi ya kuat2in deh…soalnya cuma makan waktu 3-4 hari aja kok. Ntar kalo udh seminggu udah kelar sama sekali sapihnya.

    Selamat ya atas kehamilanmu!! Jangan banyak kuatir ini itu…skrg yg penting makan yg sehat2 ya..

  4. Limmy HL says:

    @leli:thx lel.gue akan berusaha utk selalu positive thinking deh.

    @yulian:thx yul.skrg gue udah mulai menerima kehamilan gue kok. udah mulai makan dan minum yang benar.

    @pitshu:nen2/menyusui anak itu bisa sampe usia berapapun selama ASI masih ada pit.๐Ÿ™‚

    @marlina:thx mar.moga2 proses nyapih dhika lancar2 aza nih.
    ayok kapan lu nyusul kasih dd utk si cantik laura?๐Ÿ™‚

  5. Pucca says:

    gua termasuk yang gak setuju lu masih nyusuin dhika.

    kasian baby-nyaaaaa..
    udah gak disadari ada, masa udah tau dia ada, tetep masih mau dibagi lagi makanannya?

    duh lim, jangan nyusuin dhika lagi ya. kalo dia nangis2 lagi, lu beli empeng aja kasih dia, siapa tau mau diem.

    dhika, jangan rebutan ama dede ya. jangan minta nenen mama lagi๐Ÿ™‚

  6. juliach says:

    Salam kenal dan selamat ya sudah dapat anugerah lagi.

    Sebetulnya, nyapih anak itu gampang jika sejak baru lahir sudah dikasih kamar sendiri. Jangan lupa dikasih alat supaya kita bisa dengar jika dia nangis.

  7. l3l1 says:

    sebenernya lim klo emang makan lu banyak banget ngak masalah lagi tuh klo menyusui. temen gue hamil gede 9 bulan aja masih menyusui… tapi emang pasokan makanannya bener2 banyak. klo lu ngak banyak ya takut kurang siy jadinya tuh baby di perut….

    gue dulu minum pro lacta with dha for baby… katanya mulai nginjek bulan ke-3 boleh tuh… trus minum vitamin ibu hamil keluaran blackmore juga. klo lu siy makannya banyak n variasi siy ya.. gue dulu makannya ngak bergizi siy.. makanya konsumsi banyak vitamin…

  8. Limmy HL says:

    @viol:tante viol.dhika udah ga nen2 sm mama lagi kok.๐Ÿ™‚

    @juliach:lam kenal juga.duh kalo biarin anak tidur sendirian gue masih ga tega tuh.

    @leli:belakangan ini nafsu makan gue turun lel.gue udah dikasih folamil sm dokter sih.ntar gue tanyain deh prolacta for baby itu. thx ya utk infonya๐Ÿ™‚

  9. Ariany says:

    semoga babynya sehat ya lim.. emang was2 sih kalo tau kita makannya kurang sehat gitu, kondisi badan juga gak bagus. Eniwei, berarti mestinya udah dari tempo hari yang elo bilang rasanya males makan itu (kan elo share di blog)dan tambah kurus.. etc.. itu udah hamil ya..? 12 minggu =3 bulan rite? emang elo selama nyusuin gak mens sama sekali ya lim? dulu gue nyusuin (tapi gak eksklusif si.. 4 bulan udah mulai mens dah…

  10. Mei Mei says:

    bukannya meski hamil tetep bole nyusuin?? gue pernah baca di blog mana gituw yah ada yg masi tetep kasi asi ke anaknya ampe anak ke 2 lahir dan ga kenapa2. sayank yah pdhal kalo bisa gue jg pengen asi ampe 2 taon๐Ÿ˜€ tp kek nya asi gue ga sebanyak itu huhuhu๐Ÿ˜ฆ
    btw congrats ya lim. moga dapet anak cewe biar sepasank๐Ÿ˜€

  11. Limmy HL says:

    @ariany:bener ri. itu udah gejala2 hamil tp gue ga ngeh. gue ga mens udah setaon lebih karna pil kb.

    @mei:emang hamil boleh tetep menyusui asal kondisi ibu fit. kalo gue kan jd sering sakit mei. makanya gue stop menyusui saja.

    amien mei. moga2 dpt anak cewek kyk yumi.๐Ÿ™‚

  12. Limmy HL says:

    @esther:makasih ya ther.๐Ÿ™‚ moga2 lu cepet nyusul.

    @peggy:makasih jeng peggy. kehamilan kali ini emang ga menyusahkan kok. ga ada pusing mual muntah sm sekali.

  13. - manda ayah buat toriq - says:

    Alhamdulillah dipercaya Allah dgn berkah 1 anak lagi ya Lim?
    bener kata Leli, yg penting jaga pikiran hati dan emosi, kalo lagi hamil kan kadang mood suka blue aja gitu ya?….kalo emang udah siap nyapih Dhika sekarang, gapapa Mam, tapi kalo belom siap bawain aja artikel2 kesehatan tentang menyusui selama hamil buat orang rumah, asal pede dgn badan dan Dhika tak doain sehat2 terus mam, aminnnn…..hehehhehe

    **sebenernya waktu bilang, badan pegel2 dan cepet capek itu gue langsung mikir, wah Limmy HAMIL Niy, hehehhe, ternyata bener ya bu?

  14. Limmy HL says:

    @sofie:iya sof.alhamdulilah dikasih rejeki anak sama Allah lagi.๐Ÿ™‚

    Feeling lu ok juga sof. gue malah ga feeling apa2 tuh. hehe

  15. Vera says:

    wah lim..lu da hamil lg yah :p congrats yah…emang susah siy soale lu lg nyusuin, jd ga bakal bs tau pasti masa subur tuh kpn, tau2 da jadi meskipun da BL :p gw jg kdg suka kebablasan tuh jadine tiap mo mens pasti jd pikiran takut jadi krn gw emang planning next year br mau hamil. Skrg gw da ga tuh kl laki gw kl ampe jadi jg gpp๐Ÿ™‚ Anggap aja berkah dr yg diAtas dpt satu anak lg hehe.. lagian dhika jg da hampir 2 taon ini, ga ush pikir yg aneh2, enjoy aja kan kasian kl maminya sedih, babynya jg ikutan sedih :)yg penting skrg kudu ekstra jaga diri, banyak minum vitamin dan jgn lupa berdoa. mudah2an dpt anak cewe yah jd sepasang deh hehe…

  16. Alvina says:

    Lim, congratz yaah…๐Ÿ˜€ Meski agak telat, Dhika dah mau punya dedek lagi donk… Sehat-sehat yaa…๐Ÿ˜€

  17. Lisa says:

    lim, congrat ya, baru baca blog lo lagi, ternyata lo da hamil anak kedua. skali lagi congrat yaa…makin lengkap deh ^^

  18. Limmy HL says:

    @vin:thx u vin.๐Ÿ™‚

    @lisa:thx lis. lu ke mana aza udah jarang update blog lu? ayok kapan lu nyusul kasih dede utk jesse?

    @dessy:thx des.
    ayok sini gue tularin.si viol jg udah gue suruh2 pegang perut gue biar ketularan. hehe

Leave a Reply

