Balada pembantu

Terinspirasi dari blog Yulian dan Mei yang lagi curhat soal pembantu/bs, gue jadi pengen ikutan curhat juga.

Pembantu gue namanya Eni. Status janda cerai tanpa anak (bayinya meninggal usia 10 hari). Usia 27 tahun. Udah kerja sama gue kurleb 2 tahun pas lebaran nanti.

Yang namanya pembantu kan pasti byk tuh kekurangan dan kelebihan. Sebelum gue mulai curhat soal kekurangannya, gue mulai dengan muji2 kelebihannya dulu ya.

Kelebihannya Mba Eni:
-Rajin
-Jujur (Ga klepto atau suka nilep duit)
Padahal di warnet kan laci duitnya ga dikunci. Trus di kamar gue byk duit receh ketinggalan di meja. Bahkan uang belanjapun kalo ada sisa lgs dibalikin ke gue.
-Sayang sama Dhika
Telaten suapin Dhika makan. Kalo gue kan suka ga sabaran.
-Ga suka nonton tv (sinetron2 sampah itu)
-Ga main hp/sms (emang dia ga punya dan ga mau beli)
-Ga genit2an sama cowok

Kekurangannya Mba Eni:
-Rada bolot, kalo disuruh harus diulang berkali2 biar ngerti.
Pernah waktu dia baru kerja sama gue, gue pesen suruh masak kangkung. Trus gue berubah pikiran “eh ga jadi mba, masak kacang panjang aza”. Dan waktu gue pulang kerja, tau ga gue menemukan dia masak apa? Kangkung dan kacang panjang dimasak kuah. Ya ampun rasanya amburadul. Yang ada dibuang semua.

-Jorok
Udah bawaan dari orok kali. Dia tuh jorok bgt.Waktu pertama datang kerja malah lebih parah. Bau badan bgt dan item dekil. Sekarang sih udah mendingan, ga bau badan lagi dan udah ngerti dandan. Tapi sifat joroknya itu susah diubah. Harus gue ingetin berulang2 spy jangan jorok, inget cuci tangan, inget cuci peralatan masak dan makan yg bersih. Bahkan cuci baju aza tetep jorok sampe2 gue lebih milih pake tukang cuci terpisah daripada dia yg nyuci. Waktu masih si mba Eni yang nyuci baju,gue males bgt pake baju putih. Karena pasti bakal dekil, ga bersih dicuci sm dia. Tapi sejak ganti pake tukang cuci terpisah, gue jadi berani lagi pake baju putih. Karena tukang cuci gue ini bersih bgt cuciannya.

-Mulai galak dan suka ngelawan
Dari awal sih belum keliatan sifat ngeyelnya. Lama2 mulai keliatan tuh. Kalo dibilangin ini itu, dia suka ngeyel ngejawabin kita. Biasanya sih dia ngeyelnya sama papanya Dhika. Kalo sama gue, dia ga berani. Mungkin karna kalo gue selalu ngomongin baek2 ke dia. Kalo papanya Dhika kan seringnya ngomel2in.

Nah terakhir ini yang bikin gue rada kesel tuh dia mulai galak. Bahkan gue yg ngomongin baek2 ke dia nih, dibalas dengan galak bgt dan judes sm dia. Untung gue orangnya sabar, kalo ga udah gue tampol.

Ceritanya waktu itu pulang kerja, mo mandi ternyata air tangki penampungan utk kamar mandi atas abis. Kejadiannya pas gue lagi mandi dan udah sabun2an pula. Gue tereakin papa Dhika “Pa, air abis”. Papa Dhika lgs tereakin mba eni utk nyalain pompa air utk isi tangki. Abis gue mandi, papa Dhika bilang mo manggil mba Eni,mo diomelin kenapa ga inget isi tangki tiap pagi seperti yang pernah dia suruh. Tapi gue larang papa Dhika utk ngomel.Gue bilang ntar gue yg ngomongin baek2 aza. Soalnya sehari sebelumnya tuh si Eni baru ditelpon sama bibinya di kampung sono. Eh dia nangis2 bombay gitu. Kirain gue berdua papa Dhika tuh ada berita duka apa. Ternyata cm karna dia kangen doang. Nah gue takutnya tuh kalo papa Dhika ngomel2in ntar dia malah minta pulang lagi. Apalagi baru ditelpon sehari sebelumnya gitu. Kalo ga ada si Eni, gue bakal repot. Ga ada yg urus beres2 rumah dan jagain Dhika selama gue kerja.

Nah abis mandi dan rapi pake baju, gue ke lantai bawah cari si mba Eni.Gue bilangin baek2 kalo tiap pagi itu inget nyalain pompa air bentar utk isi tangki penampungan. Biar ga sampe keabisan kayak tadi. Eh dia malah jawabin gue dengan jutek dan galak.Ergghhhh bete.

Abis itu gue minta dia siapin makan malam utk gue. Biasanya kalo gue lagi makan malam gitu, dia yg jagain Dhika. Tapi malam itu abis anterin makan malam gue, dia lgs kabur lagi ke bawah. Dan gue jg males utk panggil dia utk jagain Dhika. Ntar Dhika ga salah apa2 digalakin lagi sm dia.

Itu yang pertama. Nah kemaren malam kejadian lagi tuh.
Gue minta potongin buah melon. Sejak hamil anak kedua ini, entah kenapa gue jd doyan bgt makan buah. Jadi tiap malam tu gue makan nasi dikit trus makan buah sepiring hehe =p

Nah pas dia anterin buahnya ke kamar, gue lagi makan nasi. Jadi papa Dhika yg comotin tuh buah. Baru masuk mulut, eh lgs dimuntahin sm papa Dhika. Katanya bau bawang. Gue udah tau nih. Pasti si Eni motong buah melon pake pisau bekas motong bawang. Dan dia tuh selalu ga inget utk bersihin pisau setelah dipake utk motong apapun. Padahal udah sering gue bilangin.
Papa Dhika ngomel2 dong. Eh si Eni ga terima. Dia ngedumel2 juga di depan gue dan papa Dhika. Ga jelas sih dia ngomong apa tapi mulutnya komat kamit sambil cembetut gitu.

-Suka boong karna takut diomelin
Dalam minggu ini udah kejadian dua kali gue nemuin dia boong. Pertama kali tuh hari Minggu lalu. Dia numpahin susu Dhika ke lantai. Cuma tumpah dikit sih. Tapi waktu ditanya papa Dhika “susunya tumpah ga?” Dia jawab ga. Gue berdua papa Dhika ga cek lagi karna buru2 mo berangkat. Pas pulang, gue nemuin byk semut di lantai di sekitar tumpahan susu itu. Tapi karna udah malam dan gue males ngomel, jadi gue bersihin sendiri.

Yang kedua nih baru kejadian tadi pagi. Selama ini gue selalu tanyain dia setiap hari udah kasih vitamin belum ke Dhika. Dan dia selalu jawab udah. Trus gue tanya vitamin Dhika masih sisa berapa? Kalo udah mo abis, bilangin karna gue mo beli lagi. Dia selalu bilang tinggal dikit.
Eh tadi pagi gue ngeliat itu botol vitamin ada di rumah gue, masih byk bgt isinya. Berarti selama ini dia ga kasih ke Dhika dong. Harusnya kan tu vitamin ada di rumah mertua gue karena tiap pagi kan Dhika gue bawa ke sana. Alasannya dia bilang dia baru bawa pulang botol vitaminnya semalam. Ih boong bgt. Pasti dia lupa bawa itu botol vitamin ke rumah mertua gue. Kan hari Sabtu vitaminnya gue bawa pulang ke rumah karna Dhika ga dititipin ke rumah mertua kalo Sabtu Minggu.

Udah ah curhat soal pembantu segitu aza. Udah kepanjangan ceritanya.

15 thoughts on “Balada pembantu

  1. - manda ayah buat toriq - says:

    sebenernya gue juga lagi ada “pikiran” siy soal BSnya Toriq ni Lim….tapi gue tahan2 dulu deh…pengen wait n see dulu…. apa bener dia demotivasi apa cuman kangen sama anaknya aja di kampung soalnya tadi malem pas gue kasi bukti transfer gajinya dia, dia langsung rajin lagi tuh kerjanya….hehehhehe.sama aja kek gue..abis gajian rajinnn….tengah bulan….kerjaannya ngeblog doangg……hahahhahaha

  2. Limmy HL says:

    @sofie:pembantu gue itu ga mau dikasih gaji bulanan.katanya takut abis kepake.jadi gajinya lgs dikasih setaon pas dia mo mudik lebaran.

  3. Pucca says:

    emang mbak eni itu jorok hiiy.
    lu nyari2 aja kandidat lain lim, supaya kalo dia tiba2 brenti lu gak panik. biasanya pembantu kalo udah mo brenti emang jadi banyak tingkah.

  4. l3l1 says:

    thanks God gue dah bebas dari yg namanya urusan pembantu ini. Capek ati bo’… gue klo inget tingkah pembantu2 gue dulu masih suka gondok..

    Kaenya tuh pembantu lu mulai ngelunjak deh makanya makin berani sautin… klo nurut gue ngak bisa juga kita terllau nahan2 perasaan, ntar dianya makin belagu karena berasa dah kurang ajar kok majikan masih berusaha nahan diri.. ketaun klo butuh banget ama jasanya…

  5. esthertanudjaja says:

    Iya cape ngomongin pembantu. Pembantu gua yang urusin rumah dulu juga jorok. Kalo diomelin diem, ngga pernah pasang tampang jelek, ngga pernah ngedumel, tapi ngga pernah didengerin juga omelan gua. Hahahahaha. Jadi yang ada tetep aja begitu. Untung lah sekarang biar cape badan tapi ngga usah ngomelin maid lagi. Mana dulu kalo di Indo ngomelin maid or bs kan takutnya impact entar anak kita diapa2in.

  6. Limmy HL says:

    @viol:iya nih viol. harus mulai cari pembantu baru biar si mba eni ga makin belagu.

    @leli:kadang kalo gue udah emosi bgt, gue sering ngomel2in juga sih.kyk waktu ASI perah dhika dia lupa masukin freezer sampe akhirnya terpaksa dibuang karna basi. gue ngomel2in aza tuh karna dia ga ngertih sih perjuangan gue merah ASI di kantor dan bawa pulang ke rumah utk Dhika.

    @esther:bener bgt ther.kalo kita ngomelin, takut anak kita diapa2in.
    duh kapan ya gue bisa bebas dr urusan pembantu? kalo udah jadi FTM kali ya.

  7. Mei Mei says:

    duh yg jorok2 mendink di ganti kali lim? daripada ntar kalian jadi diare ato apa gituw.. –;
    gue palink ga tahan ama yg jorok2..bs gue yg kemaren dulu itu jg. masa waktu bersihin pup yumi, tgnnya kena. eh dia mo beresin2 ama gendonk yumi lage tanpa cuci tangan. aje gile. langsung gue omelin! jijay banget sih ~~

  8. Pitshu says:

    yah… sama kek pemabantu na opan. waktu g mo goyeng telor, buset ini serok kok lengket2 dibatang na, pas g cium2 ujung serok bersih sih! udah di cuci, cuma gagang2 na itu nempel bekas makanan jorok banget! sendok garpu juga ada sisa makanan, haesh pening g! sayang na itu bukan di rumah g😀

    bonyok na opan pan sibuk, jd mo ga mau untuk nyuci dll pakai pembantu. g ampe mikir, bisa ga yah g g pakai pembantu klo punya rumah nanti!? sampe nanti g punya anak nanti klo isa :((

  9. Limmy HL says:

    @mei:mo cari penggantinya kudu perlu waktu mei. jd sementara waktu sabar aza deh. yg penting selalu inget perhatiin dan ingetin dia spy jangan jorok aza.

    @pitshu:hahaha ternyata ada yg lbh jorok dari pembantu gue ya?dulu waktu blm punya anak, gue jg ga pake pembantu pit. tp setelah punya anak, mau ga mau harus pake pembantu.

  10. Yulian says:

    kalo bolot, gw masih tolerir, Lim.
    tapi kalo dah ngelawan+jorok biarpun berkali2 dibilangin, gw kaga tahann haha.

    tapi gw tau, susah dan perlu wkt nyari gantinya…*pengalaman pribadi* jadi kadang2 kek yg kecil2..kita merem aja ya. kecuali kalo dah keterlaluan bgt.

  11. Vera says:

    ughh..gw paling sebel kl maid ngelunjak, keinget dulu si umi, susnya wilbert. Makanya kdg gw pikir ga ush terlalu baik ma maid, percuma jg ntar bakal ngelunjak ma kita kl da lama..tp kl kita tegasin takut dia ga betah *sigh* serba salah emang, yg ada terpaksa merem drpd kita yg repot ga ada yg bantuin😦 tp kl gw jd lu da ketauan boong hal sekecil apapun pasti gw siap2 nyari lagi yg baru apalagi soal anak lim, lu sabar gitu ntar dia pasti merasa dibutuhkan banget..udh sekali boong pasti bakal ada lagi seterusnya. kl bs sambil nanya2 aja siapa tau ada yg laen mending ganti deh secara dhika da besar ini ntar ikut2an jorok pula. yg sabar yah bu🙂

  12. luvly7 says:

    Maid emang gak bisa dibaikin terlalu gimana deh Lim, tetep aja dia maid, ntar2an malah jadi ngelunjak biasanya …

    Sabar2 aja, setuju sama Yul, kalo masiy kecil2 mah meremin aja deh … biar gimana, kita butuh mereka😦

  13. Limmy HL says:

    @yulian:bener bgt yul.
    selama kadar kejorokan dia masih bisa gue maklumi dan perbaiki sih no prob lah. sementara blm dapat pengganti, ya sabar2 aza.

    @vera:masalahnya buat gue yg penting tu dia jujur dan sayang sm dhika. kalo soal jorok mah masih bisa diperbaiki ver.

    @olla:ilmu satu2nya utk menghadapi maid/bs kan hanya sabar,sabar daaaaan sabaaaaaaaar. hehehe

  14. d e s says:

    wah bete deh kalo pembokat jorok… apa lagi berani ngedumel.

    lim… tangki air atas mendingan elu pakein radar. nanti kalo airnya uda abis sampe batas bawah radar, otomatis air akan terisi sendiri. jadi listrik pompa ga usah dimati nyalain. di colok aja terus.

  15. Limmy HL says:

    @dessy:saran lu sama dengan si viol des. gue udah bilangain ke papa dhika tp dia belum bertindak tuh. payah😦

Leave a Reply

