Akhir penantian (Welcome Baby Rania Renata Adlyputri)

Baru sempat update blog nih setelah pulang dari RS hari Kamis lalu. Sebenarnya udah pengen buru2 update blog begitu sampe rumah tapi ga sempat2.

Kronologi proses lahiran baby Rania:
Seperti yang gue ceritakan di post sebelumnya, hari Selasa tgl 9 Desember 2008 jam 10 malam gue minum obat induksi dari dokter. Abis itu gue langsung tidur. Sekitar jam 3 gue kebangun karna rasa mules di perut. Gue cek interval kontraksi udah setiap 2-3 menit. Tadinya gue masih mau nunggu sampe keluar flek darah baru ke RS. Tapi berhubung gue udah ga kuat lagi nahan sakit kontraksinya yang makin menjadi2, gue minta papa Dhika telpon ke RS bagian kebidanan. Kata suster jaga, biarpun kontraksi gue udah tiap 2-3 menit tapi belum tentu ada pembukaan. Tapi sebaiknya sih dibawa ke RS aza.

Jam 4 subuh papa Dhika bangunin adek gue si Lina. Trus papa Dhika ambil mobil dulu ke rumah mertua. Waktu balik ke rumah, ternyata mertua perempuan gue ikut. Katanya dia aza yg jagain Dhika. Adek gue biar ikut temenin ke RS.

Selama perjalanan, gue masih ngerasain kontraksi beberapa kali. Papa Dhika udah main ngebut aza. Untung perjalanan lancar karena masih subuh jadi jalanan masih kosong melompong. Sampe di RS, langsung ke pintu UGD. Gue langsung disodorin duduk di kursi roda. Lina temenin gue ke ruang bersalin di lantai 2 sementara papa Dhika parkir mobil dulu.

Jam 4.44 subuh gue dipasangin alat rekam jantung baby (CTG). Direkam kira2 20 menit. Waktu sampe di ruang bersalin, gue bilang sama susternya kalo gue pengen pipis. Tapi ga dikasih karena kontraksi udah makin kuat. Katanya pipis pake pispot aza tapi gue ga bisa. Akhirnya gue tahan pipis.

Selama direkam CTG itu, kontraksi rutin lagi yang makin lama makin sakit. Gue udah ga kuat. Sampe bilang ke papa Dhika kalo minta epidural aza kayak dulu. Abis selesai CTG, gue minta pipis lagi. Tapi kata susternya dia mo periksa dalam dulu. Pas diperiksa dalam, suster itu menggumam2 sendiri kayak kaget gitu. Katanya ini bukaan udah gede. Udah bukaan 7 mo bukaan 8. Gue ga boleh pipis lagi. Takut gue malah ngeden katanya. Dan dia lgs buru2 telpon dokter gue.

Selama nunggu dokter nyampe itu, gue udah kesakitan bgt. Rasanya lamaaaa bgt itu dokter gak nongol2. Jam 5an dokter gue baru sampe di ruang bersalin. Seperti biasa, selalu tampil ganteng walaupun subuh2 dan belum sempat mandi. Seperti biasa juga, dia menyapa gue dengan ramah tapi waktu itu gue cuekin. Abis gue lagi kesakitan bgt.

Ga berapa lama kontraksi yang makin hebat terasa. Gue udah ga kuat pengen ngeden tapi ditahan mulu sama bidan. Katanya kalo bukaan belum penuh dan gue ngeden nantinya malah jalan lahir bisa bengkak. Bidan itu suruh gue tarik nafas panjang mulu tapi yang namanya orang lagi sakit kontraksi mah udah ga konsen. Yang ada gue kesel bgt sama tuh bidan. hehe

Dokter gue langsung siap2 peralatan melahirkan. Gue udah diatur posisi melahirkan, udah disuruh angkat lutut sampe ke dada kalo merasakan kontraksi lagi. Baru juga bidannya pesenin gue utk angkat lutut kalo merasakan kontraksi, tiba2 kontraksi hebat lagi. Gue langsung angkat lutut sampe ke dada trus ngeden sekuat2nya. Kali ini ngeden pertama ketuban yang keluar. Dipecahin sama dokter. Ngeden kedua kali baby Rania langsung keluar deh. Lega rasanya, seperti orang sembelit bisa eek. hahaha

Trus baby Rania diletakkan di dada gue. Tapi baru bentar udah diangkat lagi karena katanya banyak slam di tenggorokan baby dan mau disedot dulu. Padahal kan gue pengen bgt merasakan IMD. Trus gue dibersihin dulu isi rahim (plasenta dan darah). Abis itu dijait. Beda dengan waktu melahirkan Dhika dulu, gue dijahit ga berasa sakit karena pengaruh bius. Kalo yang sekarang mah berasa sakit. Walaupun ga seberapa dibandingkan sakit kontraksi hehe

Setelah gue selesai dijahit, baby Rania dianterin lagi ke ruang bersalin. Langsung gue susuin dan baby Rania mengisap dengan kuat. Agak kecewa sih karena ga bisa IMD. Tapi yang penting baby Rania lahir sehat lengkap ga kurang satu apapun. Selama ini gue khawatir bgt karena selama 3 bulan pertamanya baby Rania di dalam rahim gue kan ga ketauan. Jadi gue ga minum asam folat ataupun vitamin penting lainnya.

Nih fotonya baby Rania

Lahir di Jakarta, 10 Desember 2008 jam 5.40 pagi
BB lahir 3.18 kg
PB lahir 50 cm

18 thoughts on “Akhir penantian (Welcome Baby Rania Renata Adlyputri)

  1. hunny says:

    Congrat’z ya bu…
    Akhirnya keluar juga si dede, sayang gak ada pict-nya..
    baca blog lu yang katanya udah bukaan gede ampe deg2an gue..

    well, pokoe selamet ya… udah lega dong sekarang?

  2. Yulian says:

    haha gw dah ngeduluin posting foto baby Rania daripada mama-nya😛

    gpp deh ya, berhubung mama narcis, makin banyak foto Rania, makin beken😀

  3. yhalim says:

    akhirnya release juga niy cerita rania lahiran. Selamat ya lim. asik deh lu dah komplit.

    mantap juga ya lu, 2x lgs keluar baby nya. hehehee

  4. Ariany says:

    akhirnya rania & renatanya dipake 2-2nya ya lim..🙂 hihi bagus kok namanya…
    Eh gua dulu gak pake bius juga loh lim dijahitnya, tapi gak kerasa… kayanya gua langsung tidur deh gak inget apa2 lagi… untungnya gak bablas dehh.😛
    hihih.. soalnya kata iie gua mestinya ga boleh tuh kalo abis melahirkan langsung tidur..😛

    Congrats yah LIm buat Elo, suami & Dhika… Moga2 baby rania membawa kebahagiaan yang lebih buat keluarga kecil elo…🙂

  5. Arman says:

    congrats ya lim!!!!🙂

    fotonya gak keluar kok di blog lu? tapi kemaren udah liat di blog lain. hehehe. baby raina lucu…🙂

  6. l3l1 says:

    hehehe sekarang pastinya sibuk banget ya lim. congrat ya.. dah lengkap niy sepasang. tar gue mau program mesti konsul lu neh biar bisa cewe juga kakaka

  7. angel says:

    hebat bener lim, ngeden 2x langsung keluar baby nya…selamat yahhh, baby nya cantik, blum tau mirip sapa, abisnya pasti nti berubah2 ky baby2 yg lainnya d. hihi…selamat libur 3 bulannnnnnn…

  8. -mandayandalovetoriq- says:

    sayangku Rania….welcome to the world
    hehehhe….semoga sehat2 selalu, juga mommy, daddy & Kaka Dhika ya….

    Lim, pinter banget deh lu proses lahirannya…..bukan main takjubnya gue ngebaca proses lahir Rania tadi….
    congrats ya…

  9. enysusanto says:

    Wah, Congrats ya. Luar biasa proses kelahirannya. Untungnya ga terlalu panjang & susah ya. Wah, selamat datang buat baby rania.

  10. Limmy Mama Radhika dan Rania says:

    @hunny:iya hun.skrg udah lega bgt babynya udah lahir selamat.🙂

    sorry blm bisa upload foto.koneksi inet di rumah gue rada bolot utk upload nih.

    @yulian:thx yul udah dipost foto rania. soalnya gue sendiri mo upload susah bener hehe

    @viol:yg namanya melahirkan ya pasti sakitlah bu. mo normal mo caesar pasti sakit. tp kan sakitnya ilang tergantikan bahagianya gendong si baby mungil.

    seperti kata lu, gen adi kan emang kuat.

    @fun:lam kenal juga. makasih ya utk kadonya. walaupun baru kenal udah kasih kado utk baby rania.🙂

    @yulia:iya nih udah komplit yul.kepikiran mo steril aza nih. hehe =p

    @ariany:kok bisa sih lu tidur abis melahirkan? gue malah ga bisa tidur tapi kelaperan kayak orang ga makan setaon. hahaha

    @arman:ini mo upload dari rumah susah bgt man.😦

    @leli:hehe lu jgn tanya gue lel. ini kan hamilnya ga direncanakan. kebetulan gue beruntung aza dikasih anak cewek.

    @marlina:thx mar.moga2 bisa secantik laura. hahaha i wish =p

    @angel:makasih gel.ditunggu ya kiriman kue cupcake 1 monthnya hahaha

    @dessy:iya des. lengkap sudah. bisa tutup pabrik nih.

    @sofie:hehe gue beruntung proses lahirannya lancar ya sof. teman sekamar gue di rs pada aneh2 bo kasusnya.

    @imeth:amien meth. thx ya.🙂

    @vin:hah?sepasang lagi?hamil 2x lagi? oh no. cukup sudah vin.

    @enysusanto:hi lam kenal. thx utk ucapan selamatnya🙂

  11. Vera says:

    wah proses lahiran rania cepet bgt yah lim😀 gmana dhika? udh ngerti blm dia da punya dd skrg? asik yah da sepasang anak lu :p

  12. Pitshu says:

    huahhhh.. enaknya melahirkannya cepat sekali, pitshu denger cerita temen sampe ada yang nunggu kontraksi bukaan ampe 1 hari lebih! aduh rasanya gemana yah ?! ^^

    kyaa… aku lom liat baby Rania😦

    welcome to the world

Leave a Reply

