Yup, it’s Roseola.

Ternyata bener Dhika kena roseola. Semalam gue cek ruam di badannya udah ilang. Lega deh ternyata bukan DBD. Gue udah parno aza takut kena DBD, takut gue terlambat ambil tindakan. Gara2 terlalu banyak baca email2 yang beredar nih. Yang cerita kalo gejala DBD udah susah dideteksi.

Emang susah mo jadi orang tua yg rasional ya. Orang tua yang ga dikit2 ke dokter. Trus anak dijejali macam2 obat. Bukannya gue anti ke dokter. Tapi kasian badan sekecil itu dijejali obat2an kimia. Sebenarnya sih kalo menyangkut anak sih, hati orang tua mana yang ga deg2an liat anaknya sakit. Pasti pengen anaknya cepat sembuh. ya kan moms and dad?

Tapi syukurlah belakangan ini gue udah lumayan berhasil jadi orangtua yang rasional. Contohnya :
1. Pas Dhika demam tinggi dan muncul ruam ini, gue lgs inget pernah baca ttg roseola. Gejalanya emang mirip. Walaupun hati tetep deg2an rada parno takut DBD juga. hehe Trus selama Dhika demam tinggi, gue juga berhasil tetap tenang dan kasih obat turun panas di rumah. Ga langsung bawa anak ke dokter begitu anak demam.

2. Waktu Rania baru 2 bulan pernah batuk2. Gue ga bawa ke dokter tapi gue terapin home treatment. Diuapin air panas isi minyak telon dan diolesin balsem bayi di dada,leher,pungggung,betis dan telapak kaki. Trus dipakein kaos kaki biar kakinya anget. Alhamdulilah, Rania sembuh dalam waktu seminggu.

3. Juga waktu Rania baru seminggu sempat kuning. Gue ga kasih puyer dari dokter. Tapi gue perbanyak asupan ASI dan dijemur (walaupun mendung mulu dulu itu).
Padahal puyer dari dokter udah gue beli. Harganya lumayan mahal. Biasalah, namanya juga orang tua berusaha rasional tapi hati deg2an. hehe

Ternyata punya banyak kenalan ibu2 di blog itu banyak manfaatnya. Gue pasang status di FB gue kalo sepertinya Dhika kena roseola. Eh dicomment sama Yulia-Mama Fang2 dan Memei kalo Memei baru abis kena roseola minggu lalu. Langsung deh gue sms tanya gejala2nya. Setelah tanya2, ternyata bener gejalanya mirip kok. Hati gue jadi tenang deh. Eh malamnya giliran si Yulia yang telpon gue tanyain obat Proris yang lewat dubur itu karena si Fang2 demam ga turun2 panasnya. Trus di kantor juga ada temen yang anaknya demam. Dia pun sibuk tanya2 gue. Gue sih berusaha sebisa mungkin kasih jawaban sesuai pengalaman gue dan dari ilmu yang gue dapat dari milis AFB, web sehat dan mayoclinic.

8 thoughts on “Yup, it’s Roseola.

  1. Pitshu says:

    yah akibat kebanyakan obat kimia yang namanya antibiotik bikin gigi g kuning2 kek orang jarang sikat gigi hihihi. secara dulu itu susah banget mau cari obat cina yang di tim atau di seduh di karawang, kudu kejakarta, padahal kalo obat2 cina kan bisa di konsumsi tiap hari, harganya juga ga mahal dan bisa mencegah banyak penyakit dari pada ke dokter hahaha:D

  2. Limmy Mama Radhika dan Rania says:

    @pitshu:oo jd efek kebanyakan AB tu gigi kuning ya pit? baru tau gue. dulu waktu kecil gue jg sering dicekokin obat dokter lho. dicekokin obat ramuan cina juga sering. hehe

  3. Lina says:

    Halo Lim, kemaren ini gw juga sempet tanya2 sama Yulia soal bintik2 merah, apa lagi musim ya… Anak gw sih sekarang udah ilang2 bintik2nya, n ga gw kasih apa2, selain tempra waktu dia panas ga turun2…

    Jadi Dhika udah sembuh total ? mg2 cepet baek ya..

  4. Windy says:

    Lim, kata temen gue gejala DB itu panasnya manteng.. Jadi semisal sekarang diukur 39, nti turun, trus panas lagi, tetep suhunya manteng di 39. Kalau udah gitu, kudu hati2 DBD.

    Nah kalau Roseola, walau panas, tapi suhunya turun. Jadi panas 39, dikasih obat, trus turun 38.5.. Berarti gak manteng (bukan DBD). GItu sih katanya..

    Pas Jac panas juga dulu gitu, krn suhu panasnya cenderung turun (walau dikit2), gue tunggu 3 hari sebelum bawa ke dokter. Untung di hari ketiga muncul rash.. Ternyata roseola🙂

  5. Limmy Mama Radhika dan Rania says:

    @chrysanti:hai…lam kenal.makasih udah mampir di blog gue. si dhika udah sembuh kok. bintik2 merahnya udah ilang dalam waktu 2 hari saja.

    @yulian:ah jadi malu ikke dipuji yulian. hahaha intinya sih kita sebagai mama pasti mau yg terbaik utk anak yul. ya kan?🙂

    @lina:dhika udah sembuh kok. bintik2 udah ilang. skrg giliran adeknya yg demam pilek.

    @windy:ooh gitu ya win. pengetahuan baru nih buat gue. thx ya.

  6. Anonymous says:

    hi mama dhika….

    lam kenal…aku merry,Nayya's mom…
    aku lg cr2 info nie…anakku sekarang lg byk bintik2 merah di slrh tbhnya,,,,
    emg gejala roseola spt apa?

    plis reply my question at: merry12_bio@yahoo.com

    thx before 4 answer…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s