Jakarta Water City

Jakarta…jakarta…jakarta….baru ujan 3 jam terus menerus aza udah banjir di mana2. Baru ujan 3 jam aza udah bikin macet total ga gerak parkir gratis di mana2. Parah…ujan-banjir-macet semalam adalah yang terparah sepanjang sejarah taon 2010. Moga2 ga akan terulang lagi deh dalam taon ni.

Kemaren tu gue masih termasuk beruntung. Pulang dari kantor jam 5.15 WIB. Sampe di halte busway masih belum ada antrian tiket. Masih bisa leluasa masuk ke dalam halte Dukuh Atas (yang dekat landmark) walaupun sudah mulai penuh sesak. Bus transjakarta stuck kena macet di kolong landmark. Jadi antrian penumpang makin menumpuk di halte. Sampe akhirnya isi halte udah ga muat lagi. Dan penjualan tiket distop. Calon penumpang busway yang mo beli tiket pun antri mengular di luar halte. Parah..mana ujan mulai deras lagi.

Begitu ada bus transjakarta lewat, penumpang yang mau keluar pun terhalang antrian penumpang yang mau masuk. Parah deh…sampe serak itu petugas tereak2. Alhamdulillah gue bisa dapat duduk. Penumpang udah berjubel bgt. Sampe halte Halimun, penumpang di situ pada maksa masuk pula padahal udah penuh sesak di dalam. Haesh ga manusiawi bgt deh. Mana gue baca di kompas katanya pemda tidak akan menambah jumlah armada bus transjakarta. Padahal keliatan bgt ga berimbang antara penumpang sm jumlah armada.😦

Alhamdulillah perjalanan busway lumayan lancar, agak tersendat di lampu merah manggarai dan lampu merah Pramuka bypass. Turun dari busway, gue menerobos banjir semata kaki di jalan pramuka. Sambung metromini sampe perempatan Rawasari nunggu bus arah Priok. Udah rame bgt yang nunggu bus di situ. Ada ibu2 yang bilang dia udah nunggu 2 jam book. Sampe mo naik taxi aza gue kudu berebut sm orang.

Untungnya ga lama kemudian ada bus ac jurusan Priok-Ciputat lewat. Langsung deh itu bus diserbu. Sampe penuh sesak ga muat penumpang lagi hehe. Alhamdulillah juga ga lama sampe di depan ITC Cempaka Mas, ada penumpang yang turun dan gue dapat duduk. Dari depan Astra Honda Motor, bus langsung masuk tol. Lancar blas sampe Priok. Dari dalam tol, gue liat kok flyover dari Kelapa Gading ke Sunter kosong..kok lancar ya padahal ujan-banjir gini? Ternyata kata temen gue, itu bukannya lancar tapi emang ga ada yg bisa lewat flyover situ karena di bawahnya udah banjir tinggi, jadi ga ada kendaraan yang bisa lewat ke flyover. hihihi

Turun di pertigaan Mambo, Priok, gue lgs naik ojek langganan. Ujan2an sih tapi alhamdulilah lagi perjalanan lancar sampe rumah. Dibandingkan temen2 gue yang stuck antri busway sampe 2 jam, yang stuck kena macet sampe berjam2 di jalan, yang bingung mo naik apa karena kereta ga jalan, busway tutup, jalur bus macet total.

Jakarta…jakarta…semoga pemimpin kota kita akan memikirkan dan merealisasikan solusi untuk problem2 banjir-macet yang udah menahun ini. Biar kota jakarta makin enak untuk dihuni. Jangan cuma bangunan mal, apartemen yang makin banyak berlomba menjulang tinggi. Bahkan lokasi yang digusur katanya mau dijadikan taman kota aza malah jadi lokasi apartemen. Piye toh? Bangunan banyak tapi tanah serapan ga ada? Kalo gitu mah tinggal tunggu waktu Jakarta tenggelam.

Ah sudahlah kalo dibahas ga ada abisnya. Gue mau cuci tangan dulu, mao melaksanakan kewajiban menyediakan ASIP utk Rania.

18 thoughts on “Jakarta Water City

  1. tumben postingan lu begini lim, biasanya isinya kan seputaran asi ama anak hihihi.. tp kemaren emang parah sih, gua kan ikut temen, macet sepanjang jalan, sampe rumah jam set. 8 gue, sampe kelaperan..
    tapi gua liat orang2 yang ngantri di pinggir jalan ujan2an yah setidaknya gua beruntung cuma duduk di mobil gak usah nunggu2 angkutan…

    • eh kok lu bisa baca blog gue di jam2 sore gini? lu udah dikasih akses inet full time ya? horee….salah satu fasiltas promosi jabatan ya viol? hihihi

      abis kemaren tu bener2 parah. gue baca di twitter isinya banjir sini banjir sana. macet sini macet sana. tol ditutup. busway ditutup. sampe ada yg ngetweet “horee kendaraan parkir gratis di tol” hihihi.

      lu dr kantor jam 5 sampe rumah jam 7.30? masih mending gue dong dari kantor jam 5.15 sampe rumah jam segitu juga. padahal kan rumah lu deket bgt dibanding gue.

    • emang lebih enak tinggal di kota kecil mey. mo ke mana2 deket ga pake macet.

      waktu tinggal di pontianak, masuk sekolah jam 8. gue jalan dari rumah jam 8 kurang 10 menit aza masih ga telat. padahal gue jalan kaki lho ke sekolah hihihi
      bandingkan dengan jakarta. masuk kantor jam 8. berangkat dari rumah jam 6. ck ck ck

  2. huaa parah abis lim…
    kaco banget ya.. nyokap gua juga bilang kemaren ini banjir udah masuk garasi di rumah nyokap, tapi untungnya gak sampe masuk rumah.

    moga2 gak banjir2 lagi dah ya…

    • rumah nyokap lu di sunter ya man?

      alhamdulillah ujan senen sore kemaren tu ga bikin banjir di rumah gue.
      tapi perjalanan pulangnya itu yang sangat penuh perjuangan.

      ada temen kantor gue yg korban kemacetan senin sore. (2 jam antri busway. 4 jam di jalan stuck macet ga gerak). udah 2 hari dia ga masuk kantor karena sakit. hahaha

      yg lucu hari selasa sore kemaren orang2 pada pulang cepet takut banjir-macet kayak senin lagi. alhamdulillah sih lancar karena sorenya udah ga ujan.

  3. LImm lo naek koridor 4 sama kae g donk , ha22 tp g ga tiap sore maek kor IV suka ikut temen yg bawa mobil juga sih .
    waktu macet maren g plng jam stgh 5 , Dkh atas lom gt penuh . masih normal wkt g masup bus . tau deh stlh itu pasti berlerot ditangga as usual he22 . aduh perjalanan lo pjng amir yah , sambung terus ya smp priok .
    kl g mah dr dkh atas poll ampe arion aja soalnya rumah g di rw mangun sipp kan he22

    • lho lu juga naik koridor 4?wua jangan2 kita sering ketemu tp ga saling kenal hihihi.

      pas hari senin tuh gue sampe halte jam 5.15.udah penuh bgt sampe2 yg mo turun buswah aza desak2an cari jalan.

      perjalanan gue bukan cm sampe priok tp lbh jauh lagi ke cilincing. hehe tp karena udah dijalanin tiap hari ya ga berasa jauh lagi.

      rumah lu di rawa mangun ya. ada tu temen kantor gue jg di rawa mangun. sayang dia udah resign. dulu gue sering nebeng mobil dia sampe bypass.

  4. thesalem says:

    Iya parah bener yah Jakarta kemaren itu Lim. Sekarang kalo ujan gw takut ah kemana-mana, pusing gw di mobil sampe harus ngunyah kiamboy hehe *neneknenek*

    • wakaka kalo nenek2 di kampung ngunyah sirih, lu ngunyah kiamboi ya?

      ga usah ujan deh mar. kalo hari sabtu aza skrg gue elbih milih diem di rumah drpd keluar kena macet.

      semalam cm gara2 ada mahasiswa UBK demo bakar ban di jl diponegoro, eh macet di mana2. gue pikir2 ini jakarta udah ga layak huni.*keluh*

  5. dulu gua pernah ngerasain stuck tuh lim. bener2 ga bisa jalan… mobil sampe parkir. turun dari mobil, ‘dah air semua.
    pipis sampe numpang2 rumah orang…
    duhhhhh…

  6. shanni says:

    emang senin itu parah banget ya. laki gw juga waktu itu lagi ga bawa mobil tuh Lim, gw baru balik minggu malem dari kudus jadi nginep dirumah nyokap, laki gw kerja naek busway. pulangnya katanya udah ngantri sampe tangga penyebrangannya. terus kejebak di ratu plaza tapi untungnya ga lama.

    pas dianter balik sama bokap jam 11malem arah ke serpong lancar tol-nya, tapi arah dari serpong ke jakarta ampun deh kaya parkir, gw sampe mikirin itu orang2 kasian banget pada baru pulang kerja pasti cape deh kena macet, belom makan…

    • iya kasian bgt yang kejebak macet sampe berjam2 di jalan. baru sampe rumah tengah malam-subuh. itu ada beberapa orang katnor gue sampe sakit ga masuk kantor besoknya setelah senin malam itu kena macet total.

      makanya gue bilang gue alhamdulillah masih termasuk lancar pulangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s