Atit peyut

Cerita tentang Dhika.

Hampir seminggu kemaren dia ngeluh mules sakit perut. Awalnya hari Minggu lalu tgl 20.02.2011 dia sempat mencret. Keluarnya air doang. Dalam sehari itu kira2 mencret ada 2-3x. Gue ga kasih obat apa2. Cuma olesin minyak kayu putih dan dipijet urut sekitar perut. Sama dikasih minum teh pait. Ini berlangsung kira2 2 hari. Abis itu dia ga mencret lagi tapi tiap abis makan nasi selalu mengeluh sakit perut. Kalo diolesin minyak kayu putih, ga lama dia pun udah ga ngeluh lagi. Udah sibuk main.

Hari Kamis tgl 24.02.2011 sore2 gue dapat telpon dari adek ipar gue. Katanya Dhika muntah dan mencret lagi. Trus lemes bgt anaknya. Cuma tiduran saja. Ipar gue tanya boleh ga Dhika dikerokin sama dia. Gue bolehin saja karena gue pikir ini Dhika pasti masuk angin. Kirain ipar gue kerokin pake bawang merah, tapi ternyata dikerok pake koin bo. Sadisss…anak kecil dikerok pake koin. Kita yang orang dewasa aza kesakitan kalo dikerok apalagi anak kecil ya? Ga kebayang deh si Dhika berontak kesakitan kayak apa waktu dikerok. hiks😦 Tapi alhamdulillah setelah dikerok, Dhika langsung tidur. Gue ga tenang kerja jadinya denger kabar Dhika muntah dan mencret. Langsung minta ijin pulang cepet sama bos. Untung bos baru gue baek. Langsung dikasih ijin pulang.

Sampe rumah mertua, Dhika masih tidur. Ga lama dia terbangun. Masih lemas juga. Katanya kepalanya pusing. (Btw anak kecil gitu ngerti ga sih artinya pusing? hehe) Dia lemes bgt. Gue jadi kasian liatnya. Soalnya Dhika itu kan anaknya pecicilan ga bisa diem. Kalo liat dia diem lemes gitu, gue jadi sedih. Gue gendong sambil duduk di kursi. Tumben bgt si Rania ga iri liat kakaknya yang digendong bukannya dia. Rania pengertian deh. Pas gue gendong Dhika, dia bilang “Kak dhika sakit“.

Gue diceritain sama mertua gue kalo pagi2nya tuh Dhika sempat muntah. Tapi tetep dibawa sekolah sama mbaknya. Kata mbaknya, takut dimarahin sama gue kalo Dhika ga sekolah. Duh kesannya gue galak banget padahal ga pernah marah2. Trus pulang sekolah, masih dibawa pergi les pula. Di tempat les katanya Dhika mencret sekali.

Waktu mau dianter pulang ke rumah naik motor, Dhika masih ngeluh pusing ga bisa jalan sendiri. Akhirnya gue gendong pake kain gendongan Rania. Buset deh mo patah pinggang gue. Dhika itu udah 25.4 kg bo. Udah seberat satu karung beras. hihihi Mana kali ini si Rania nangis minta digendong juga. Mungkin karena gue gendong Dhika pake kain gendongan dia kali ya. Jadi Rania merasa harusnya itu hak dia digendong pake kain. hehe

Jadilah gue pulang naik motor dengan berakrobat ria. Gendong Dhika dengan kain gendongan di sebelah kiri. Dan gendong Rania dengan tangan sebelah kanan. Itupun sambil bawa tas kerja diselempangin di pundak. Ck ck ck mertua gue sampe panik liat gue. Sampe suruh Rania ditinggal aza dulu. Tapi itu anak nangis2 mulu mau ikut gue. Akhirnya gue nekat aza deh. Untung jarak rumah mertua ke rumah gue cm 10 menit doang naik motor.

Perjuangannya waktu naik tangga ke kamar gue. Bayangkan beban 25,4kg di sebelah kiri, beban 10kg di sebelah kanan dan beban 3kg di belakang. Gue naik tangga satu per satu anak tangga. Sempet berhenti ambil nafas dulu takut jatuh pingsan. Bener2 deh perjuangan seorang emak. Fuih….

Hari Jumatnya Dhika ga sekolah dulu. Sabtu paginya gue bawa ke dokter. Sekalian mo bawa Rania imunisasi Typhoid. Dokter langganan Dr Isabela Riandani, spA di RSMK Kelapa Gading. Pertama yang diperiksa Dhika dulu. Disuruh tiduran di dipan periksa, dia langsung manjat naik sendiri. Langsung ambil posisi tiduran. Diperiksa sama ibu dokter, dipencet perutnya di sana sini ditanya sakit apa gak, Dhika jawab dengan lantang ga malu2. Kata ibu dokter, cuma virus saja. Kalo selama ini sakit perut trus diolesin minyak kayu putih langsung ga ada keluhan lagi berarti cuma virus biasa. Lega deh gue dengernya.

Abis itu giliran Rania disuruh tiduran di dipan periksa. Yang ini langsung nangis. Tapi dibilangin sama mama “Kayak kakak Dhika tadi lho dek“. Dia langsung diem deh mau tiduran di dipan periksa. Diperiksa sana sini sama dokter, kali ini dia ga nangis. Pas disuntik di paha pun dia ga nangis sama sekali lho. Gue sampe takjub. Kan biasanya dari awal disuruh tiduran di dipan periksa sampe abis disuntik, Rania pasti nangis. Mungkin karena kali ini ditemenin kakak Dhika.

Untuk Rania ga diresepin obat apa2. Untuk Dhika diresepin obat enzym kalo masih ada keluhan sakit perut atau mencret. Sama dikasih obat batuk herbal pengencer dahak karena si Dhika batuknya ga ilang2. Batuknya jarang tapi kalo batuk kedengaran byk dahaknya. Dikasih kencur udah ga mempan lagi.

Pas bayar kwitansi, gue langsung terkaget2. Buset deh obat cm 2 macam saja abis 200rb lebih bo. Ck ck ck untung direimburse full sama kantor gue. hihihi. Total sama biaya dokter dan imunisasi sekitar 600rb lebih. Ck ck ck untung jarang2 berkunjung ke dokter. hehe

Abis dari RS, gue lanjut ke GI. Mau ambil hadiah dari cc BCA. Lumayan dapat electric massager gratis. hihihi Sempat dirayu2 sama sales Perfect Health untuk cobain segala alat pijet di situ. Dirayu2 suruh beli. Tapi emang gue berdua Adi ga ada niat beli. Budget untuk beli alat gituan ga ada. Dirayu katanya bisa dicicil 0% selama setaon. Apalagi dapat disc 35%. Tapi tetep hatiku tak tergoyahkan. Kalo ada duit segitu, mending untuk investasi LM atau upgrade isi warnet gue. hihihi

Lanjut makan siang deh di foodcourt GI. Gue sama Adi milih menu Nasi BeGor Yogi. Dhika dan Rania dibeliin nasi bakso di Bakwan Malang Duta. Dhika makan dengan lahap. Ga ada keluhan sakit perut lagi. Abis makan, dia mo BAB. Mbaknya yang anterin karena gue masih lagi asyik makan. Balik dari toilet, mbaknya lapor kalo Dhika udah ga mencret lagi. Pupnya udah normal. Yah si Dhika nih. Baru dipegang2 sama dokter aza udah sembuh. Padahal emaknya udah nebus obat mahal2. Syukur alhamdulillah sih. Anakku kuat bisa sembuh sendiri ga perlu konsumsi obat2anπŸ™‚

Cerita tentang Rania.

Waktu Dhika mencret hari Minggu itu, Rania juga ikutan mencret. Malah frekwensi mencretnya lebih sering daripada Dhika. Tapi Rania ga ngeluh2 sakit perut kayak Dhika. Rania mah cuek2 saja. Tetep asyik main seperti biasa. Kalo pas pup, dia cm ngomong “mama,eek“. Si Rania ini kan masih belum toilet training. Jadi pipis dan pup di celana, baru laporan. Udah itu kalo pas lagi ada gue di rumah, dia maunya cebok sama gue doang. Ga mau sama orang lain. Manja bener deh.

Daya tahan tubuh Rania emang lebih bagus dari Dhika. Dia cuma mencret 2 hari dan udah ga ada keluhan apa2 lagi. Mungkin karena Rania full ASIX dari baru lahir. Sedangkan Dhika pernah minum sufor 2 minggu. hehe kembali lagi gue promosikan the power of ASI.

Anak cewek emang beda ya sama anak cowok. Rania ini bawel bgt. Dibanding Dhika di usia 2 tahun, si Rania udah lancar bgt ngomongnya. Udah byk kosa kata dan fasih lafalnya. Kalo Dhika dulu di usia 3 tahun baru mulai lancar bicaranya.

Rania sering nyanyi2 sendiri. Lagu topi saya bundar sampe lagu happy birthday. Dia senang bgt nonton video klip lagu anak2 jadul, yang artis ciliknya masih Trio Kwek kwek, Susan dan Eno Lerian.

Ada satu yang masih susah diajarin ke Rania. Dia panggil Dhika bukan kakak tapi Radhika. hehe Mungkin karena kakak dan Dhika akhirannya sama2 ka. Apalagi orang di rumah mertua gue kan panggil Dhika dengan nama. Bukannya kakak. Jadi si Rania ikut2an deh panggil nama Dhika. Trus dia panggil mbaknya juga pake nama. Mba Omah dipanggil Omah. Mba Nur dipanggil Inul. Tantenya (adek Adi) kan dipanggilnya Mpok sama pembantu gue. Eh si Rania ikutan panggil Mpok. wakaka.
Gue diceritain waktu itu si Rania minta ayun sama tantenya. Dia ngomongnya gini “Mpok, ayun” wakaka Tantenya antara marah dan geli jadinya ketawa2 saja deh.
Jangan2 ntar si Rania ikutan panggil neneknya Bu Haji. Karena pembantu gue kan panggil mertua gue Bu Haji. hihihi

3 thoughts on “Atit peyut

  1. ya ampun lim.. lu kurus2 kuat juga ya gendong dhika dan rania, plus bawa tas. hebat dah..πŸ˜€

    untung semua udah sembuh ya… moga2 sehat2 terus ya…

  2. Hai hai…baru mampir gara-gara googling soal dr. Isabella Riandani. Udah 4 bulan nih nyari-nyari dokter anak yang pro ASI dan pro RUM di Kelapa Gading. Ternyata ada juga ya. Thanks info nya!!! Semoga sehat-sehat terus ya…

Leave a Reply

