Curhat seorang mama

Temans, minta masukannya dong gimana cara mengajar anak membaca? Gue udah putus asa nih sama si Dhika. Udah dikasih les pun ternyata ga bantu. Sekolah libur, les libur, dan ingatan dia pun ikutan libur. Dia udah lupa cara mengeja dan membaca.

Gue suruh baca huruf a sampe z dia bisa apal. Gue suruh baca babibubebo sampe yayiyuyeyo dia bisa. Tapi begitu gue suruh tulis/eja satu kata misalnya batu.
Eh dia lgs mati gaya bingung mo tulis apa. erggghhhh emosi jiwa.

Semalam gue sampe lepas kontrol. gue omelin panjang lebar. gue bilang dhika kalo males belajar, ga usah sekolah. nanti urus sampah kerja sama oong (panggilan dhika utk engkongnya) saja. jadi kuli oong. eh dia malah senang katanya hore dhika ga usah sekolah. ergh capede.

gue pernah chat sm shanni. kayaknya emang bener kalo sama anak sendiri, batas kesabaran lebih tipis hihihi. dulu waktu masih di pontianak, gue ajar les privat lho. dari gue masih SD sampe SMA, gue keliling ajarin les privat ke rumah2 anak murid.

tapi kalo disuruh ajarin adek sendiri gue males. ditambah skrg disuruh ajarin anak sendiri kok rasanya tekanan darah jadi cepat naik. *keluh*

kalo papanya sih bilang ga usah dipaksain. anak kecil masih TK ini ga usah dipaksa bisa baca tulis. toh dia dulu masuk SD baru bisa baca tulis. tapi itu kan duluuuuu. jaman skrg masuk SD itu udah harus bisa calistung dan bahasa inggris.

gimana gue ga tambah stress..apalagi kemaren gue liat temen2 kantor gue pada panik urusin pendaftaran sekolah anak2nya. ternyata persaingan masuk SMP skrg gila bgt. nilai ujian nasional pada tinggi2 semua. jadi kalo anak kita nilainya cm pas2an, yah kita cm bisa pasrah dapat sekolah sisa yang jelek. atau terpaksa keluarin duit berlipat2 utk masuk sekolah swasta.

yah demikian curhatan hati seorang mama yang lagi bosen bgt di kantor. jadi beralih cuap2 di blog saja.

14 thoughts on “Curhat seorang mama

  1. iya juga ya.. dulu gw kasih les anak orang tapi saking kesel ngajarin anak sendiri ampe pengen geplak.. dan udah hampir kelepasan.. makanya tiap jamnya belajar gw suruh clo1 cari papa hahaha…

    gw juga udah pengen masukin clo1 les di ICR (i can read) tapi papana bilang blom perlu karena sekolahnya belom menganggap clo1 ketinggalan…

  2. maaf mba limmy ikut nimbrung yah,saya juga pengajar membaca pra sekolah,*sapa yang tanya* coba mba latih sambil bermain,misal pas lagi jalan2 gitu kan banyak to tulisan2 besar nah itu coba disuruh ngeja,trus pas belajar diiming2 hadiah dong,g perlu yang mahal2 tapi lihat dia lg suka apa,kepingin apa gitu,semoga dia jd termotivasi untuk belajar&belajar.begitu mba semoga beramnfaat.salam kenal ya.. Reny.

  3. eny says:

    emang dhika skrg klas berapa lim? Mau naik tk b kan? Ga pa pa lah, ga usah dipaksa banget. Smakin dipaksa anaknya malah stres, jd ga suka bljr. Tapi tetep hrs diajarin. Kalo dia uda bisa baca babibubebo sampe y mah uda bagus. Bertahap. Lu tulisin kata2 sederhana, kaya batu itu suruh dia baca persuku kata. Kalo langsung nulis apa yg kita dikte memang berat. Kalo uda lancar baca suku kata, baru bisa nulis. Hmmm… Jangan diancam2 atau dikata2in yg negatif kayanya. pernah denger ga apa yg diucapkan org tua itu berkuasa atau sperti doa buat anaknya. Jadi mungkin bagusnya kita ngata2in yg positif ya. Kaya ke dea, sekesel2nya, gua berusaha memilih kata ayo dhea pasti bisa, kan anak mami hebat, mami percaya dea pasti bisa kalo berusaha. jadi salurkan ke mendorong dan mensupport gitu. begitulah sharing gw ngajarin dea baca. Mudah2an membantu yaaa

  4. lim.. kalo menurut gua ya, gak usah terlalu dipusingin lim. ntar pasti bisa kok. gak masalah lah kapan bisanya, toh pada akhirnya pas udah bisa juga gak ada yang masalahin kapan anak kita mulai bisa baca kan? kayak lu misalnya, gua tanya, lu kapan bisa baca? masih inget gak?😛
    kalo inget pun gak penting lagi kan..

    gua malah heran (Sori ya bukan bermaksud apa2) ama orang2 yang sampe ngelesin anaknya baca tulis. emangnya gak cukup ya dari sekolah aja?

    terus terang, gua juga pas andrew mulai belajar baca di sekolah, gua juga bingung mau ngajarinnya gimana. apalagi gua gak ngerti pake phonics2 segala kan… dulu bhs ingdo kan gak ada begitu. t… tapi akhirnya gua biarin aja lah. biarin dia belajar pelan2 dari sekolah. akhirnya dia bisa kok lim. gua yakin ntar juga pasti si dhika bisa. asal dilatih aja terus pelan2.

    kalo di sekolah andrew, tiap anak dibawain buku cerita yang sederhana gitu. ada nomornya. kalo ntar anak nya udah bisa baca yang nomor 1, balikin ke sekolah, ntar dikasih nomor 2 nya. kata2nya tambah banyak. gitu terus sampe nomor 52.

    yang penting jangan terlalu maksain lim. yakin dah ntar pada waktunya pasti dhika bisa baca!🙂

    • dulu gue mulai bisa baca tulis umur 5 tahun man. makanya gue berharap dhika yg bentar lagi 5 tahun juga bisa :p

      iya sih gue tau pasti satu saat dhika bisa baca. tapi gue gregetan saja liat anak lain seumur dia udah bisa baca. tapi dia masih males2an gitu belajarnya.
      thanks utk sharingnya ya🙂 jadi agak lega hati gue setelah baca pendapat2 kalian.

  5. dhika kan suka maen game, ajarin aja dia baca dari kata2 di game itu, sepupu gua yang masih kecil juga hobi maen game, gara2 keseringan ngegame dia jadi bisa bahasa inggris..

    • iya viol. si shanni bilang sm gue beliin cd edukasi bobi bola. mirip game komputer gitu.

      emang tuh si dhika kebykan main game. semalam dia tanya sm gue arti istilah2 game gitu. hadeuh..kan gue ga suka main game.

  6. Wah,Lim..gue juga lagi berjuang ngajarin chris baca tulis. pelan2 aja Lim. Chris juga masih kebolak balik bacanya. Gue ga terlalu genjot sih. Paling kalo ketemu majalah trus ada tulisan yg gampang2, gue suruh dia baca.

    Setuju sama eny. Semakin elu marah2in, dia semakin stress dan akhirnya jd menghindar buat belajar. tp emang kadang2 bikin emosi jiwa ya. Sbaar deh. Pas udh ga tahan, stop dulu. Besok baru mulai belajar lagi. Cia yo!!🙂

Leave a Reply

