Water Purifier Reverse Osmosis

Tiga minggu lalu gue dan Adi memutuskan untuk pasang water purifier Reverse Osmosis (RO) di rumah. Awalnya sih kami tertarik dengan Water Purifier Pure-It dari Unilever. Yang bintang iklannya Indi Barenz dan Farhan itu lho. Udah bela2in ke Hypermart Kelapa Gading Square. Setelah dijelasin panjang kali lebar sama mba SPG Pure-It, ternyata rada ribet juga pakenya. Kudu maintenance ganti alat sendiri pula. Selain itu daya tampung airnya cuma dikit. Ga cukuplah untuk kebutuhan rumah gue yang isinya rame. Akhirnya gue batal deh beli.

Cerita2 di kantor sama temen. Eh ternyata dia pake water filter RO. Udah 3 tahun yang lalu pasangnya. Ga usah repot ganti alat karena udah ada jadwal maintenance dari yang pasang. Dia kasih no hp contact personnya. Gue sms deh tanya2 harga pasang baru berapa. Eh cepet bgt direspon sama orangnya lho. Gue sempat pula nawar2 harga karena sebelumnya gue udah survey2 di internet harga pasarannya berapa. Akhirnya deal dengan harga lebih murah dari temen gue itu. hihihi

Hari Sabtu tgl 05.02.2011 datanglah Pak Jaya (orang RO) untuk pasang di rumah gue. Tepat waktu pula datangnya. Padahal rumahnya lumayan jauh dari rumah gue. Dia di JakTim, gue di JakUt. Pasang filternya di area dapur di atas bak cuci piring. Katanya biar praktis. Jadi cuci beras, cuci sayur dan daging bisa dengan air RO ini. Bisa menghilangkan pestisida, bahan2 kimia. Dikasih demo pula perbandingan air PAM, air aqua galon dengan air RO. Hasilnya sudah pasti air RO paling bagus kandungannya. Kandungan besi atau logamnya sudah ga ada lagi. Jadi aman diminum untuk tubuh.

Katanya sih air RO ini sama dengan air botolan Oxy yang banyak dijual itu. Yang dipromosikan bisa menyembuhkan penyakit ini itu. Kebetulan mertua gue tuh penggemar air Oxy. Dia sekali beli bisa beberapa dus. Jadinya pas orangnya mau demo itu, si Adi telpon deh bapaknya suruh datang ke rumah untuk liat. Wuah bapak mertua gue langsung tertarik mo pasang. Waktu pulang ke rumah, dia cerita lah sama istrinya. Ibu mertua gue sama adeknya si Adi langsung deh nyusul ke rumah mo liat filter airnya. Dicoba minum juga. Tapi ibu mertua gue rada ragu. Katanya takut sakit perut kalo minum air PAM tanpa direbus gitu.

Entah karena peralihan dari air aqua galon ke air RO ini atau bukan, sehari setelah dicoba minum, Dhika dan Rania mencret2. Gue berdua Adi udah khawatir saja. Sampe malam2 kita telpon Pak Jaya. Dia memberikan jaminan bukan karena air RO. Karena byk rumah yang sudah dia pasang dan byk anak kecil yang konsumsi air RO ini gapapa kok. Gue jg inget sih temen gue punya ponakan masih 1,5 tahun  minum air RO ini sehat2 saja. Bikin susu pun langsung dari air RO tanpa direbus lagi. Tapi biar hati kami tenang, Pak Jaya pun janji mo datang besok sore abis maghrib. Dan seperti biasa, orangnya sangat tepat waktu. Sebelum maghrib, dia udah telpon ke hp gue. Katanya udah di depan rumah. Walah..gue masih di halte busway lagi antri nunggu bus transjakarta arah Priok. Untungnya si Adi udah duluan pulang.

Gue sampe rumah jam 7 lewat. Alat filter airnya dipindahkan dari area dapur ke lantai atas. Karena si Adi curiganya air PAM daerah gue yang jelek. Karena filter pertamanya cepet banget kotor. Akhirnya dipindahkan ke lantai atas supaya narik air ga langsung dari air PAM langsung tapi dari air tangki penampungan. Ditambahkan pula filter satu lagi. Jadi difilter 2x.

Alhamdulillah sih sekarang Dhika dan Rania udah ga masalah lagi minum air RO ini. Untuk bikin susu formula Dhika pun langsung dari air RO tanpa direbus lagi. Kalo Rania mah ga minum susu formula jadi ga pake air RO. Rania kan minumnya susu UHT.

63 thoughts on “Water Purifier Reverse Osmosis

  1. Wah…RO ini yang merek Advance itu bukan sih ? Atau beda lagi ? Gue inget tante gue kasih tau, katanya dia pake 8 jutaan ya kalo gak salah harga awalnya? atau gue salah ?

    • budi says:

      Pakai saja merk advance. Model mesin penyaringan nya di lengkapi 3 suhu. Bisa air panas, dingin, dan air normal. Pilihan nya beragam model, bsa di sesuaikan dng budget dan kebutuhan. Ada maintance rutin per 3 bln. Yg keren dan tau barang pasti berani membeli dan mencoba. Infolebih lanjut nih nmr nya 0812 19 14 24 73

  2. ini yang kaya di depot aer isi ulang itu ya lim? gua kok entah knapa masih geli ya, soalnya bak pam gua kotor banget, bahkan pernah ada kecoa gua tiap gosok gigi aja geli kalo ingetnya gimana mo minum hehe..

  3. Lim, mau tau dong tentang RO ini. di lingkungan gue juga airnya kotor. Makanya kalo nyuci2 gue selalu pake air galon. Weekend aja bisa abis 2 galon cuma buat minum dan cuci2. padahal kita cuma ber-3. Kalo boleh minta no HP Pak Jaya, email gue di nilola24@yahoo.com ya. Thanks Lim

  4. Yenny Lesly says:

    gw dah punya alattnya tapi belum dipasang, soalnya masih ngeri ngebayangin kudu minum air langsung dari ledeng…wkkwkwkwk.

  5. romi says:

    tertarik pengen pasang, lagi cari2 yang ada service pemasangannya. boleh bagi no telp pak jaya-nya? thanks bngt dah mo sharing…

  6. hansen says:

    Saya juga dibelikan saudara dan dikirim dari jawa, karena dia baru beli dan harus keluar negeri sehingga diberikan ke saya. Tp saya ngak tahu cara pasangnya. Apakah bisa di info teknisi yang memasangnya, thq sebelumnya bisa email ke saya no telp teknisinya di kustedjo@gmail.com

    • budi says:

      Pakai saja merk advance. Model mesin penyaringan nya di lengkapi 3 suhu. Bisa air panas, dingin, dan air normal. Pilihan nya beragam model, bsa di sesuaikan dng budget dan kebutuhan. Ada maintance rutin per 3 bln. Yg keren dan tau barang pasti berani membeli dan mencoba. Infolebih lanjut nih nmr nya 0812 19 14 24 73

  7. RO itu sifatnya asam bu… kalo pengen tau kelemahannya tes aja pake pH atau tetesan yang namanya DBD. minta sama pak jaya!!! Pastui warnanya Kuning yang menandakan ada zat asam didalamnya, yang bagus setelah keluar dari RO itu dikasih filter mineral yang harganya 300 ribuan.

    • Diah R says:

      Pak Ahmad,krn alasan kesehatan,sy butuh mengkonsumsi air yg bersifat basa. Browsing sana sini tertarik beli RO. Tp bpk bilang airnya bersifat asam dan hrs diberi filter. Kalau sdh diberi filter sifatnya akan jadi netral atau basa pak? Trus filternya beli dimana? Atau bpk tahu merk filter air untuk air basa (selain kangen water)? Maaf banyak tanya. Ini email sy jika bpk berkenan menjawab : ummu_jaddid@yahoo.com

    • budi says:

      Pakai saja merk advance. Model mesin penyaringan nya di lengkapi 3 suhu. Bisa air panas, dingin, dan air normal. Pilihan nya beragam model, bsa di sesuaikan dng budget dan kebutuhan. Ada maintance rutin per 3 bln. Yg keren dan tau barang pasti berani membeli dan mencoba. Infolebih lanjut nih nmr nya 0812 19 14 24 73

  8. Ardi says:

    Salam..
    Setelah mempertimbangkan beberapa faktor, saya pasang mesin air RO merek tertentu (setelah browsing sana-sini). Sebelum masuk ke mesin RO, atas saran dari tehnisi, air input nya (PAM) difilter dulu dengan filter air merek yg sama juga.
    Saya pikir masuk akal karena mestinya air yg masuk ke RO sdh lebih bersih, jadi saya setuju (harga filer air ini lebih mahal dari mesin filter RO).

    Setelah semua selesai di pasang, tehnisi menggunakan TDS meter untuk menunjukkan bahwa air RO lebih bagus dari air isi ulang di rumah saya, dan memang benar demikian (saya lupa persisnya tapi hasil RO sekitar 1/3 nya).
    Tapi karena kurang yakin kalau cuma dengan parameter TDS, saya tes sample air isi ulang merek ngetop VS sample air RO di laboratorium air pam jaya – pejompongan, dengan standar pengujian air minum sesuai permenkes 492/menkes/per/IV/2010 (fisika, kimia, mikrobiologi, total 22 parameter).

    Hasilnya…. air RO memang unggul hampir disemua parameter. Yg signifikan (RO vs Isi Ulang) ada di TDS (21.3 vs 217), kesadahan (5.00 vs 66.60), Nitrit (0.008 vs 0.113), Klorida (1.74 vs 38.34). Tapi kalah di Sulfat (30.0 vs 22.0) dan kekeruhan (0.66 vs 0.60), walaupun keduanya masih jauh di bawah batas standar maximal.

    Yang mengejutkan, keduanya masih mengandung total coli / total coliform (12 vs 19), meski sama2 nihil di e-coli (0 vs 0). Jadi, di kasus saya, ternyata saya belum bisa minum langsung baik air galon isi ulang merek ngetop maupun hasil RO, dan perlu dimasak dulu untuk menghilangkan bakteri coliform nya. Rencana mau coba pakai UV di RO atau dilewatkan Pure it setelah R0, meski belum yakin juga.

    Demikian sekedar sharing…
    Ardi

    • beben says:

      saya tertarik dengan mesin RO nya, tempo hari ada yg tawarin harganya 5 jutaan. Tp ga jadi Saya beli, menurut Saya kemahalan. Setelah Saya browsing ternyata harganya sekitar 1-2 jt. Tolong donk kirimin nomer Pak Jaya. Terimakasih. Email Saya : Abah171182@yahoo.com

  9. Dyan says:

    Sharing pengalaman ya tertuang dalam artikel, sungguh membantu. Boleh tanya, Merk n jenis RO, n kontak no Pa Jaka. Teks sblmnya

    • budi says:

      Pakai saja merk advance. Model mesin penyaringan nya di lengkapi 3 suhu. Bisa air panas, dingin, dan air normal. Pilihan nya beragam model, bsa di sesuaikan dng budget dan kebutuhan. Ada maintance rutin per 3 bln. Yg keren dan tau barang pasti berani membeli dan mencoba. Infolebih lanjut nih nmr nya 0812 19 14 24 73

      • Sounds wonderful. Can’t wait for a feature film, you have certainly earned it. Of course, once you are a hot shot dirtreoc/producer, I assume you will be always flying around in private jets and soaking in jacuzzis with supermodels.

      • I don't really understand the deal with all their merch. If I want a red mug I will buy one. I don't need it to advertise pantone. And the colour of the year thing seems to be just a marketing exercise. Maybe I'm just being old and crabby

  10. rio says:

    wakakakkk.. kasihan ni yg namanya budi,, nawar2in advance, itu sebenarnya merk apa sih, harga sudah gak masuk akal, asbun. harga segitu mending dibelikan filter merk terkenal yg sudah umum dimasyarakat, sdh bisa dibuat mandi, cuci, masak, minum. tiru aja macam dan jumlah filter depot air isi ulang, kualitas air dijamin bagus.

  11. Basrah says:

    Maaf ikutan ni Bu, kebetulan lagi butuh info tentang RO… bolehlah dibagi info merek RO dan harga yang lalu (basrahharahap@yahoo.com), tengs ya Bu..

  12. Novi says:

    Malam, lagi mau isi rumah dan tertarik bgt dengan reverse osmosis. lagi nyari review nya dan ketemu blog ini. Berguna sekali. Terima kasih.
    Maaf, bole minta nomor nya pak jaya..dan bole diinfokan merk Water Filter yg di gunakan. Apakah sampai sekarang juga masi pakai..??

    Email saya : natalia_novi@yahoo.com

    Terima kasih sebelum nya.

Leave a comment